Viva Sumsel

 Breaking News
  • Empat Bapaslon Wako Palembang Lulus Tes Kesehatan VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Empat Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Palembang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) untuk tes kesehatan, hal ini diungkapkan saat rapat Pleno di aula demokrasi Komisi Pemilihan Umum...
  • Operasional Sekolah, Tanggungjawab Pemerintah VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Adanya iuran atau bayaran di sekolah pada tahun ajaran baru terus menjadi perbincangan hangat setiap tahunnya. Apalagi Perda yang mengatur program sekolah gratis (PSG) saat ini...
  • Kantor Imigrasi Klas I A Palembang Klarifikasi Temuan Pungli Ombudsman VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Beredarnya berita dibeberapa media cetak, elektronik maupun online di Sumsel terkait temuan Ombudsman perwakilan Sumsel mengenai adanya Pungutan Liar (Pungli)  pembuatan paspor dikantor imigrasi klas 1A...
  • Penyelesaian Pembangunan Jembatan Musi IV Terancam Molor VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Pembangunan Jembatan musi IV bakal menjadi penunjang pelaksanaan Asian Games terancam dan tertunda dari jadwal penyelesaiannya, itupun ada yang belum terselesaikan akibat belum pergantian lahan warga....
  • Terapkan Visi Pelayanan Samsat “Cepat 2018” VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sumatera Selatan terus mengupayakan peningkatan pelayanan dan penyempurnaan di tahun 2018 Sebagai percontohan layanan Samsat baik Samsat  Palembang I dan...

Yonharnud 12/SBP Diperkuat 12 Pucuk Meriam Dan 6 Truck

Yonharnud 12/SBP Diperkuat 12 Pucuk Meriam Dan 6 Truck
Mei 23
13:42 2016
Viva Sumsel.com – Palembang, Batalyon Arhanud 12/Satria Bhuana Prakasa Kodam II/Swj yang diresmikan pengembangannya oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson S.I.P., pada tanggal 15 Februari 2016 lalu, Senin (23/5/2016) mendapat perkuatan Alutsista berupa Meriam 57 MM S 60 TAKT (Tanpa Alat Kendali Tembak) sebanyak 12 pucuk dan Truk Reo 2 ½ Ton sebanyak 6 unit. 
 
Penyerahan Alutsista dan Kendaraan Truk tersebut dilakukan dalam suatu upacara militer dengan Inspektur Upacara Asrendam II/Swj Kolonel Arm Dedy Jusnar Hendrawan yang mewakili Pangdam II/Swj, bertempat di Dermaga Boom Baru Palembang.
 
Upacara penyerahan Alutsista tersebut, ditandai dengan penadatanganan naskah serah terima dari Pangdam II/Swj yang diwakili Asrendam II/Swj kepada Komandan Yonarhanud 12/SBP Letkol Arh Ari Trisenta Nursanto S.Sos. Selain itu, dalam penyerahan Alutsista juga ditandai dengan penguntingan  pita dan pemukulan kendi  ke laras meriam 57 MM oleh Asrendam II/Swj.
 
Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson S.I.P., dalam amanat tertulis yang dibacakan Asrendam II/Swj Kolonel Arm Dedy Jusnar Hendrawan mengatakan bahwa saat ini dan kedepan, TNI AD akan terus mengembangkan kekuatannya dengan pengadaan berbagai macam Alutsista baru untuk memperkuat  satuan-satuan TNI AD, termasuk satuan Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj.
Lebih lanjut dikatakan bahwa pengadaan dan pemenuhan Alutsista merupakan kebutuhan mutlak dan tuntutan objektif bagi suatu institusi militer, yang wajib dipenuhi oleh negara. Hal ini juga mengingat tantangan TNI dalam mempertahankan wilayah udara cukup berat, apalagi dengan wilayah Indonesia yang   sangat luas sehingga harus didukung dengan Alutsista penangkis serangan udara yang mumpuni.
 
“Keberadaan Alutsista ini diharapkan semakin menambah kepercayaan diri prajurit Yonarhanud 12/SBP dalam melindungi kedaulatan udara nasional di wilayah Sumbagsel”, tandas Panglima.
 
Perlu diketahui bahwa Meriam 57mm S 60 Tanpa Alat Kendali Tembak, adalah Meriam Penangkis Serangan Udara (PSU) buatan Rusia, yang memiliki laras tunggal dengan jarak tembak target rendah dan menengah. Jarak tembak efektif dengan dukungan pemandu radar mencapai 6.000 meter, dan 4.000 meter dengan pembidik optik. Sedangkan, kecepatan luncur dari proyektilnya mencapai 1.000 meter per detik.
 
Usai upacara, selanjutnya Alutsista tersebut di geser ke Markas Yon Arhanud 12 / SBP yang berlokasi di Jln. Lintas Raya  Palembang – Betung Km 18 Kab. Banyuasin.  
Turut hadir pada kegiatan tersebut, para Asisten Kodam, Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj serta para prajurit peserta upacara dari berbagai satuan Kodam II/Swj di Garnizun Palembang.(anz)
 

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment