Viva Sumsel

 Breaking News

GERTAM Bisa Cukupi Kebutuhan Bisa Pula Tekan Inflasi

GERTAM Bisa Cukupi Kebutuhan Bisa Pula Tekan Inflasi
April 06
22:00 2017

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Pedasnya harga cabai beberapa waktu belakangan jadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Mengatasi hal tersebut, membuat Walikota Palembang, H. Harnojoyo mencanangkan Gerakan Tanam (GERTAM) cabai di kota ini.

Dalam peresmian pencanangan di UPTD Seberang Ulu (SU), Kamis (6/4) Walikota menekankan pada kesediaan komoditas pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Hal ini dapat pula dikaikan dengan upaya pemerintah menjaga laju inflasi.

“Banyak factor yang menjadi penghambat, diantaranya cuaca, rantai distribusi dan pasokan distribusi. Karena itu, dengan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai kita bersama bisa mewujudkan ketersediaan kebutuhan bagi masyarakat,” ajak Harnojoyo.

Untuk itu kata Harnojoyo menambahkan, pemerintah menyediakan 10.000 bibit cabai kepada sejumlah kelompok masyarakat diantaranya, kelompok wanita tani, anggota PKK dan Dasawisma di lima kecamatan yang meliputi Kecamatan, Sukarami, Kalidoni, Ilir Barat I,Ilir Timur I dan Kertapati.

“Ini menjadi stimulant, bayangkan saja jika satu polybag menghasilkan sekitar 2 Kg cabai, maka warga Palembang tidak akan kekurangan komoditi yang sudah menjadi konsumsi sehari-hari,” sambung Harnojoyo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan apa yang dilakukan ini merupakan amanat dari Undang-Undang guna menjaga ketahanan pangan masyarakat, Sesuai dengan UU nomor 7 Tahun 1996 tentang pangan dan pasal 13 PP nomor 68 Tahun 2002 tentang penyelenggaraan ketahanan pangan di daerah.

“Kita berusaha mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki dengan gerakan ini, sehingga kedepannya bisa lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan melalui dana APBN Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel diberikan pula 1.500 bibit polybag cabai untuk tim penggerak PKK kota Palembang yang diserahkan pada tim penggerak PKK kecamatan Gandus.

Sebagai salah satu wujud program ketahanan pangan dana Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) dan mengacu pada System Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan maka akan diberikan bantuan sembako untuk 100 KK yang diarahkan pada Kelurahan 5 Ulu dan Kecamatan SU I.

Penandatanganan Nota Kesepahaman anatar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan ketua tim pengggerak PKK kota Palembang tentang pencanagan gerakan tanam (Gertam) cabai tahun 2017 juga dihadiri wakil ketua DPRD kota Palembang, M, Adiansyah yang juga ketua KTNA kota Palembang, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumsel, BI Perwakilan Palembang, Ketua TP PKK Sumsel serta sejumlah unsur muspida terkait. (Ize)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

Idul fitri 1445 h

Kalender

April 2017
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget