Viva Sumsel

 Breaking News

Puncak Acara Haul Dan Ziarah Kubro 2017

Puncak Acara Haul Dan Ziarah Kubro 2017
Mei 21
15:05 2017

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Rangkaian kegiatan Haul dan Ziarah Kubro Ulama dan Auliyah Palembang Darusalam memasuki puncaknya pada Minggu, (21/5). Puncak acara diisi dengan Haul Habib Abdullah bin Idrus Shahab dan Habib Abdurahman bin Ahmad Al-bin Hamid di perkampungan Alawiyyin (rumah sejarah) sungai bayas kuto batu Palembang.

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi pemakaman Pangeran Syarif Ali BSA di pemakaman kesultanan kawah tengkurep serta pemakaman auliya dan Habaib kambang koci di 3 ilir dan 5 ilir.

Menurut bagian Humas Ziarah Kubro, Habib Muhammad Mahdi Shabab, Kegiatan ini sudah dilaksanakan bertahun-tahun oleh salaf Baalawi di Kota Palembang menjelang masuknya bulan Ramadhan.

“Sejak Tahun 2004 kegiatan ini lebih semarak dan menjadi sebuah event akbar karena telah banyak dihadiri habaib dan tamu dari berbagai daerah di Indonesia, terutama dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan, dan juga dari luar negeri seperti dari Malaysia, Singapura, Thailand, Yaman,  Arab Saudi dan negara-negara lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan pada tahun ini tak kurang dari 20 ribu orang yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan ini. Mereka ada yang datang dari penjuru nusantara dan adapula dari mancanegara seperti Malaysia, Brunei, Singapura dan dari timur tengah yakni Yaman dan Madinah.

Dari pantauan vivasumsel,com, pagi itu, masyarakat telah berkumpul di rumah sejarah Sungai Bayas, Pasar Kuto, 8 Ilir. Ditempat itu, mereka melantunkan ayat-ayat suci alquran. Sesudah itu mereka berjalan menuju ke Pemakaman Al Habib Pangeran Syarif Ali, di kawasan 5 Ilir.

Suasana terlihat begitu religius ketika tetabuhan hajir marawis dan untaian qasidah terlantun dari para jamaah. Umbul-umbul yang betuliskan kalimat tauhid, asmaul husna, dan asmaun nabi turut menyemarakan rangkaian kegiatan ini.

Dan sebagai penutup, mereka lalu berziarah ke Pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep, 3 Ilir, dan akhirnya berpuncak dengan berkumpulnya para jamaah di Pemakaman Auliya’ dan Habib Kambang Koci. (anz)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

MARHABBAN YA RAMADHAN

Kalender

Mei 2017
S S R K J S M
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget