Viva Sumsel

 Breaking News
  • Empat Bapaslon Wako Palembang Lulus Tes Kesehatan VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Empat Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Palembang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) untuk tes kesehatan, hal ini diungkapkan saat rapat Pleno di aula demokrasi Komisi Pemilihan Umum...
  • Operasional Sekolah, Tanggungjawab Pemerintah VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Adanya iuran atau bayaran di sekolah pada tahun ajaran baru terus menjadi perbincangan hangat setiap tahunnya. Apalagi Perda yang mengatur program sekolah gratis (PSG) saat ini...
  • Kantor Imigrasi Klas I A Palembang Klarifikasi Temuan Pungli Ombudsman VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Beredarnya berita dibeberapa media cetak, elektronik maupun online di Sumsel terkait temuan Ombudsman perwakilan Sumsel mengenai adanya Pungutan Liar (Pungli)  pembuatan paspor dikantor imigrasi klas 1A...
  • Penyelesaian Pembangunan Jembatan Musi IV Terancam Molor VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Pembangunan Jembatan musi IV bakal menjadi penunjang pelaksanaan Asian Games terancam dan tertunda dari jadwal penyelesaiannya, itupun ada yang belum terselesaikan akibat belum pergantian lahan warga....
  • Terapkan Visi Pelayanan Samsat “Cepat 2018” VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sumatera Selatan terus mengupayakan peningkatan pelayanan dan penyempurnaan di tahun 2018 Sebagai percontohan layanan Samsat baik Samsat  Palembang I dan...

PLN Anggarkan 1,6 Triliun Untuk Sukseskan Asian Games 2018

Desember 20
18:31 2017

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Ir.Alex Noerdin didampingi General Manager (GM) PLN WS2JB, Daryono, Direktur Regional Sumatera Wiluyo Kusdiwiharto serta manajemen PLN sekota Palembang meresmikan penyalaan pertama Gardu Traksi LRT  di Jakabaring serta ruang Distribution Control Center (DCC) yang berada di kantor Area Pelayanan Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Rabu (20/12).

Menurut Daryono kebutuhan total daya untuk pasokan LRT sebesar hampir 40 MVA, kebutuhan tersebut disupply dari 9 Gardu Induk Kota Palembang dengan total kapasitas 815 MVA, 9 Gardu Hubung dan 18 penyulang sepanjang 83.6 Kms dimana untuk keandalannya masing-masing station akan disupply minimal dari 2 supply dari gardu induk/trafo yang berbeda dengan fasilitas ATS (Automatic Transfer Switch) dan sistem SCADA.

Daryono menambahkan pekerjaan persiapan ini telah dimulai sejak bulan Maret lalu dan hingga kini progresnya telah mencapai 90 persen, adapun pekerjaan tersebut adalah penarikan SKTM 83.6 Kms mencapai 100%, dan Peninggian tower transmisi di 3 titik perlintasan (KM 5, Depan Polresta, Depan OPI Mall) mencapai 100%, serta Pembangunan tambahan gardu induk baru (GI Gandus 100%.. operasi Oktober 2016, GI New Jakabaring 100% operasi November.

”Untuk tahap awal yang sudah siap dinyalakan adalah Gardu Traksi 8 yang berlokasi di depan GOR Jakabaring, Gardu Traksi 7 yang berlokasi di depan Polresta Palembang dan Stasiun OPI yang berada di depan OPI Mall, hal ini sebagai dukungan PLN untuk persiapan pengujian peralatan dan unit kereta LRT,” ujar Daryono.

Menurutnya, PLN telah melakukan langkah-langkah sebagai upaya mendukung pasokan listrik untuk perhelatan Asian Games 2018 mendatang, diantaranya adalah dengan perkuat wilayah Jakabaring dimana PLN mempersiapkan pasokan dari Gardu Induk Jakabaring dengan kapasitas 2 x 60 MVA atau 120 MW, pasokan ini lebih besar daripada prediksi semula yang diperkirakan 20 s.d 25 MW.

Selain itu, PLN juga mengupayakan menjaga keandalan sistem Kota Palembang yakni dengan cara meningkatkan keandalan pasokan dengan pembangunan 2 Gardu induk dengan Teknologi GIS (Gas Insulated Substation) di Kota Barat (Demang Lebar Daun) dan Kota Timur (Boombaru), dengan masing-masing kapasitas 60 MVA yang direncanakan beroperasi pada bulan Maret 2018.

”Dan semua sistem sudah dapat dipantau dari pusat kontrol atau DCC dengan sistem otomasi / SCADA yang berada di gedung APD yang bersamaan dengan ini kita resmikan juga,” imbuhnya

Daryono melanjutkan, PLN juga sedang membangun 2 unit halte bus di komplek Sport City Jakabaring, bantuan ini dari anggaran dana CSR PLN sebesar Rp. 290 juta yang saat ini dalam pengerjaan dan ditargetkan selesai awal Januari 2018.

”Sebagai informasi tambahan terakhir total Anggaran untuk mensukseskan perhelatan Asean Games 2018 di Sumsel sebesar Rp. 1,629 Triliun,” tutup Daryono.

Sementara, Gubernur Sumsel, Ir. Alex Noerdin berkata, LRT di Palembang akan mengubah wajah tranportasi nasional Indonesia karena menjadi LRT yang pertama di Indonesia.

” LRT ini adalah infrastruktur yang mengubah culture, dengan LRT ini kita semua seluruh Masyarakat Sumsel dipaksa untuk disiplin, antre dan menjaga kebersihan, sehingga memberikan nilai tambah positif bagi kemajuan Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan,” ungkap Alex.

Lanjut Alex, dari laporan yang disampaikan General Manager PLN WS2JB, pada dasarnya untuk memenuhi suplay dan keandalan listrik di kawasan Jakabaring sudah dipastikan aman, Jika salah satu penyuplai mengalami masalah secara otomatis akan tergantikan dengan penyuplai lainnya.

“Bukan hanya suplai listriknya yang aman tapi juga keandalannya terjamin, untuk Jakabaring jangankan listrik padam tetapi berkedip pun tidak. Jadi untuk Asian Games Insya Allah aman, malahan berlebih kita disini,” terangnya.

Terkait perkembangan pembangunan LRT Palembang, Gubernur Alex Noerdin mengatakan bahwa Lokomotif dan Gerbong LRT akan datang di Palembang pada Bulan Maret 2018 dan akan langsung dilakukan ujicoba.

“Untuk seluruh rangkaian sinyal dan lain-lainnya akan selesai bulan Februari, dan di bulan Juni perjalan perdana LRT Palembang dari Bandara sampai Jakabaring,” tutupnya (anz)

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment