Viva Sumsel

 Breaking News
  • Empat Bapaslon Wako Palembang Lulus Tes Kesehatan VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Empat Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Palembang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) untuk tes kesehatan, hal ini diungkapkan saat rapat Pleno di aula demokrasi Komisi Pemilihan Umum...
  • Operasional Sekolah, Tanggungjawab Pemerintah VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Adanya iuran atau bayaran di sekolah pada tahun ajaran baru terus menjadi perbincangan hangat setiap tahunnya. Apalagi Perda yang mengatur program sekolah gratis (PSG) saat ini...
  • Kantor Imigrasi Klas I A Palembang Klarifikasi Temuan Pungli Ombudsman VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Beredarnya berita dibeberapa media cetak, elektronik maupun online di Sumsel terkait temuan Ombudsman perwakilan Sumsel mengenai adanya Pungutan Liar (Pungli)  pembuatan paspor dikantor imigrasi klas 1A...
  • Penyelesaian Pembangunan Jembatan Musi IV Terancam Molor VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Pembangunan Jembatan musi IV bakal menjadi penunjang pelaksanaan Asian Games terancam dan tertunda dari jadwal penyelesaiannya, itupun ada yang belum terselesaikan akibat belum pergantian lahan warga....
  • Terapkan Visi Pelayanan Samsat “Cepat 2018” VIVA SUMSEL,COM, Palembang – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sumatera Selatan terus mengupayakan peningkatan pelayanan dan penyempurnaan di tahun 2018 Sebagai percontohan layanan Samsat baik Samsat  Palembang I dan...

2018, Akan Ada 10 PTS Terakreditasi A

2018, Akan Ada 10 PTS Terakreditasi A
Januari 04
16:39 2018

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Guna meningkatkan daya saing lulusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung dan Bangka Belitung, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II mendorong 10 PTS tersebut untuk meraih institusi terakreditasi A pada 2018 ini.

Ketua Kopertis Wilayah II Slamet Widodo mengatakan, pada 2018 ini akan ada 10 PTS di wilayahnya yakni Sumsel, Lampung dan Bangka Belitung yang didorong oleh pihaknya untuk reakreditasi dari B ke A.

“Salah satunya UPGRI Palembang ini, sebab kita menilai semuanya sudah mendukung untuk menyandang predikat akreditasi A untuk institusinya,” katanya seusai membuka Rapat Kerja Perdana 2018 UPGRI Palembang di aula lantai 5 Laboratorium Terpadu, Kamis (4/1).

Ia juga menjelaskan, bahwa untuk 2018 ini akan ada 127 prodi yang naik rangkingnya dari terakreditasi C menjadi B.

“Kita juga upayakan dari dari akreditasi B menjadi A. Dan  juga seterusnya,” jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan, salah satu kendala dalam reakreditasi institusi tersebut yakni pada penulisan jurnal berskala internasional atau terindeks Scopus. Sebab, meski telah mampu menulis Jurnal, diakuinya, terkadang sulit untuk mempublikasikan hasil karyanya tersebut ke tingkat internasional.

“Maka dari itu, kita sudah menggaet pihak ketiga yang sudah biasa mempublikasikan jurnalnya secara internasional untuk membantu publikasi jurnal dosen di wilayah kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UPGRI Palembang Bukman Lian menambahkan, saat ini dirinya telah mempersiapkan 39 langkah khusus menuju revitalisasi kampus serta reakreditasi baik institusi dan program studinya (prodi).

“Semuanya akan saya paparkan dalam Raker perdana 2018 ini, agar semua pegawai dan dosen mampu mensinergikan visi dan misinya dalam meningkatkan mutu pendidikan di UPGRI yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Diantaranya, lanjut dia, akan meningkatkan pelayanan administrasi mahasiswanya dimana ruang administrasi tersebut akan dibuat senyaman mungkin layaknya kampus internasional. Kemudian dari sisi tenaga pengajarnya, semuanya sudah bergelar Magister atau Master (S2) bahkan banyak juga yang sudah doktor.

“Memang untuk adminstrasinya masih ada yang manual, sebab ada berkas tertentu yang membutuhkan cap basah untuk kabsahan administrasi mahasiswa tersebut,” paparnya.

Selain itu, diakuinya, pihaknya sudah memiliki perpustakaan terbaik di Sumatera Selatan (Sumsel), laboratorium MIPA terpadu yang lengkap sarana dan pra sarananya guna praktik mahasiswanya, khususnya jurusan fisika dan masih banyak workshop dan laboratorium praktik prodi lainnya.

“Bahkan kita siap menampung kalau ada perguruan tinggi lain yang ingin menumpang praktik di sini,” akunya. (Ejak)

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment