Viva Sumsel

 Breaking News

Senin, Calon Peserta Didik SMAN 1 Dan SMAN 17 Ikuti Ujian Tertulis

Senin, Calon Peserta Didik SMAN 1 Dan SMAN 17 Ikuti Ujian Tertulis
Januari 14
20:59 2018

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Dalam penerapan dual kurikulum yakni Cambridge dan nasional, SMAN 1 dan 17 Palembang melakukan seleksi masuk lebih cepat dari sekolah lainnya. Dijadwalkan pada Senin (15/1) para calon peserta didik di dua sekolah tersebut akan mengikuti ujian tertulis.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo melalui Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Sumsel Bonny Syafrian mengatakan, ada tiga sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Sumsel yang melakukan penerimaan siswa baru lebih awal lantaran menerapkan kurikulum Cambridge yakni SMAN Sumsel, SMAN 1 dan 17 Palembang.

“Sementara untuk SMAN Sumsel masih proses pendaftaran dan verifikasi. Sebab sekolah itu akan melakukan visitasi kepada calon siswanya karena memang sekolah itu diperuntukkan bagi siswa yang cerdas namun kurang mampu dalam ekonominya,” paparnya saat meninjau kesiapan ujian PPDB di SMAN 1 Palembang, Ahad (14/1).

Ia menjelaskan, para peserta akan mengikuti tes tertulis menggunakan lembar jawaban kerja (LJK) layaknya ujian nasional kertas dan pensil (UNKP). Sementara untuk penilaiannya sendiri 40 persen dari nilai raport semester I-V dan 60 persen dari hasil ujian.

“Untuk memeriksa LJK-nya kita siapkan dua alat scanner. Dan untuk SMAN 17 nantinya soalnya akan dibawa ke SMAN 1 Palembang untuk diperiksa. Jadi hasilnya dapat dilihat pada hari itu juga kalau tidak ada halangan,” ujarnya.

Senada , Kepala SMAN 1 Nasrul Bani menambahkan, untuk sekolahnya ada 674 peserta dengan saya tampung 400 siswa. Sementara untuk jalur penelusuran minat dan potensi akademik (PMPA) sudah diumumkan pada Sabtu (13/1) sebanyak lima persen dari kuota asli.

“Jadi ini menggunakan sistem peringkat. Diambil dari peringkat 1 – 400, selebihnya langsung gugur,” sambungnya.

Nantinya, lanjut Nasrul, akan ada aparat kepolisian yang membantu kita untuk mengawal soal dan berjaga di luar gedung untuk mencegah hal yang tak terduga.

“Seluruh ruangan steril saat ujian. Hanya pengawas dan peserta yang boleh masuk,” tegasnya.

Terpisah, Kepala SMAN 17 Palembang Parmin menerangkan, untuk sekolahnya ada kuota khusus dimana hanya akan menerima 214 siswa putra dan 182 siswa putri, sesuai daya tampung asrama di sekolahnya.

“Totalnya ada 100 butir soal dari empat mata pelajaran yakni matematika, bahasa Inggris, IPA dan IPS. Dengan materi disusun oleh tim dari dua sekolah ini,” tutupnya. (Tj)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

MARHABBAN YA RAMADHAN

Kalender

Januari 2018
S S R K J S M
« Des   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget