Viva Sumsel

 Breaking News

Semua Panitia Penyelenggara Haul Ki Merogan Ke 117 Asli Wong Palembang

Semua Panitia Penyelenggara Haul Ki Merogan Ke 117 Asli Wong Palembang
Maret 04
18:21 2018

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Dalam rangka mengenang perjuangan Dakwah Kiai Marogan menyebarkan agama Islam di Kota Palembang, Pengurus Makam dan Zuriyat Kiai Marogan tahun ini akan kembali menggelar Haul Akbar Datuk KI Marogan ke -117. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan pada 13 &15 April 2018/ 27 & 29 Rajab 1439 H mendatang.

Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya ini, dilakukan untuk mengenang jasa Asy-Syeikh Kiai H. Mgs. Abdul Hamid (Kiai Marogan) Bin Asy- Syeikh Kiai H. Mgs. Abdul Mahmud atau yang lebih dikenal dengan Kiai Marogan yang beberapa puluh tahun lalu mendedikasikan dirinya untuk menyampaikan ajaran Islam sebagai pedoman hidup manusia didunia dan di akhirat kepada masyarakat dikota Palembang.

Kiai Marogan terlahir dengan nama Masagus KH. Abdul Hamid bin Masagus KH. Mahmud. Namun bagi masyarakat Palembang, julukan “Kiai Marogan” lebih terkenal dibanding nama lengkapnya. Julukan Kiai Marogan dikarenakan lokasi masjid dan makamnya terletak di Muara sungai Ogan, anak sungai Musi, Kertapati Palembang. Mengenai waktu kelahirannya, tidak ditemukan catatan yang pasti. Ada yang mengatakan, ia lahir sekitar tahun 1811, dan ada pula tahun 1802 sementara wafatnya dalam usia 89 tahun, maka yang tepat adalah ia lahir tahun 1802, dan meninggal dunia pada 17 Rajab 1319 H yang bertepatan dengan 31 Oktober 1901.

Tujuan dari Haul Akbar ini selain untuk mengenang perjuangan dakwah Kiai Marogan di Kota Palembang khususnya  di Provinsi Sumatera Selatan, momen silaturahmi ini juga dijadikan sebagai moment berharga untuk meminta keberkahan  kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan melalui  doa dan dzikir bersama yang dilakukan antara para alim ulama, umaro dan umat  Islam di Indonesia. Selain itu mendukung dan mensukseskan program pemerintah yaitu pelaksanaan Asean Games 2018 dan turut menyemarakkan serta meningkatkan tempat Destinasi Pariwisata di Kota Palembang.

Ada yang unik dari pelaksanaan Haul Kiai Marogan ke -117 ini yang mana semua panitia penyelenggara merupakan warga Asli Palembang.  Dalam Haul Akbar ini akan menghadirkan Puluhan Ulama Kondang dan Ribuan Ulama, warga keturunan Palembang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pelaksanaan acara ini akan dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut dan setiap harinya merupakan acara puncak. Berbagai acara yang akan dihadirkan diantaranya tabligh akbar, Doa dan Zikir bersama, festival Mujawadah Syarofal anam, silaturahmi antar Thariqoh se Sumsel,  Tapak Tilas dakwah Kiai Marogan dan ziarah akbar ke makam Ki Marogan Dengan menempuh  perjalanan kurang lebih selama 1 jam menggunakan transportasi sungai dengan kapal Tongkang dari masjid Lawang Kidung ke Masjid Kiai Marogan, dan terakhir pelaksanaan puncak Haul Datuk Ki Marogan ke -117.

Di tahun ini pelaksanaan HAUL Datuk KI Marogan ke-117 bakal memasang konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni Haul Akbar dikonsep dengan kental nuansa Palembang Darussalam. Mulai dari rangkaian acara, dekorasi panggung, acara arak-arakan hingga pakaian dan aksesoris panitia serta tamu undangan semuanya melambangkan ciri khas warga Palembang. Dan sudah pasti di tahun Haul KI Marogan kali ini akan jauh lebih meriah dan semarak dari tahun tahun sebelumnya. Pesertanya pun ditargetnya mencapai 10.000 lebih  atau dapat dikatakan meningkat 40 persen lebih dari tahun sebelumnya yang mencapai 6.500 peserta.

Dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan diharapkan banyak manfaat yang diperoleh salah satunya bertambahnya jumlah Destinasi wisata di Palembang, dengan adanya kegiatan ziarah akbar ke makam Kiai Marogan. Dengan begitu lokasi makam tersebut menjadi salah satu objek wisata yang khas dari kota Palembang, apalagi saat ini lokasi makam KI Marogan telah diperbaiki dan dipercantik tampilannya agar dapat menarik minat masyarakat untuk mengunjungi makam tersebut. Tidak hanya warga Palembang dan Sumsel tetapi juga masyarakat dari mancanegara. Serta memperkenalkan kebudayaan tradisional dari Palembang Darussalam ke seluruh penjuru Nusantara.

Yang tak kalah pentingnya lagi yaitu meningkatkan pemahaman masyarakat terutama warga Sumatera Selatan bahwa Asy-Syeikh Kiai H. Mgs. Abdul Hamid (Kiai Marogan) Bin Asy- Syeikh Kiai H. Mgs. Abdul Mahmud merupakan warga keturunan Asli Palembang bukan bangsa Arab. (anz)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

MARHABBAN YA RAMADHAN

Kalender

Maret 2018
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget