Viva Sumsel

 Breaking News

Banyak OPD Belum Tahu Pentingnya Mengelola Arsip Dengan Baik dan Benar

Banyak OPD Belum Tahu Pentingnya Mengelola Arsip Dengan Baik dan Benar
April 13
08:46 2019

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel menggelar Rakor Kearsipan se Provinsi Sumsel 2019 di hotel Harper, Jumat (12/4/2019). Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel Dra Hj Septiana Zuraida SH MSi berharap OPD dapat mengelolah arsip dengan baik dan benar.

Septiana Zuraida mengatakan, rakor ini diikuti rakor kearsipan se Sumsel Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD, BUMN, ormas dan PerguruN Tinggi.
Rakor ini mensinergikan aturan Perundang-Undangan, sinkronisasi antara pusat, provinsi dan kabupaten dan kota untuk mengetahui fungsi arsip.

“Evaluasi saat ini, untuk Sumsel belum seperti apa yang diharapkan, karena OPD banyak yang belum tahu tentang bagaimana pentingnya arsip,” ujarnya.

“Setiap gerakan pemerintahan pasti dengan administrasi, ada arsip tertinggal.
Arsip itu banyak, arsip sejarah misalnya kegiatan Sea Games, Asian Games dan lainnya,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini diperlukan komitmen pimpinan tertinggi bagaimana menyikapi hal ini harus dilaksanakan OPD.

“Mereka sudah mengarsipkan tapi tidak tahu mengelolah arsip.Arsip negara ada dua aktif dan in aktif.Kalau bisa dimusnakan ya dimusnahkan. Arsip aktif arsip yang frekuensif
penggunaannya masih tinggi, misalnya mengenai keuangan . Kalau penggunaannya berkurang itu in aktif. Jadwal Retensi Arsip (jra) itu ada kategori yakni permanen, bisa dipindahkan ke digital dan terkahir dimusnahkan apabila tidak berguna lagi,” bebernya.

Untuk arsip yang dimusnahkan, lanjut Septiana, ada tim pemusnahan yakni Kejaksaan, Kepolisian, Menkumham dan lainnya. Mereka yang menentukan dimusnahkan atau tidak.”Untuk arsip vital tidak bisa digantikan,” ucapnya.

“Yang paling hebat Sumsel arsip punya lembaga kearsipan sendiri. Pemprov Sumsel mampu mendukung lembaga arsip. Setiap apapun yang dilakukan harus ada arsipnya. OPD harus mengklasifikasi arsip aktif dan in aktif, dan bisa mengelolahnya,” pungkasnya.(DNK).



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

MARHABBAN YA RAMADHAN

Kalender

April 2019
S S R K J S M
« Mar   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget