Viva Sumsel

 Breaking News

Mitra Usaha UMKM GoFood Berperan Aktif Ringankan Beban Mitra Driver Dengan Kantin Swadaya

Mitra Usaha UMKM GoFood Berperan Aktif Ringankan Beban Mitra Driver Dengan Kantin Swadaya
November 30
16:04 2020

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Sebagai super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan mitra-mitranya secara berkelanjutan. Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang memberi dampak kepada berbagai sektor usaha, Gojek berupaya mencari solusi kreatif untuk membuat mitra-mitranya memiliki kelenturan dalam menghadapi berbagai tantangan dan memberikan standar hidup yang baik melalui Program Swadaya.

Dalam Program Swadaya ini Gojek bekerjasama dengan mitra-mitra UMKM mitra usaha GoFood yang tersebar di Palembang, Bandar Lampung dan Batam untuk menyediakan menu khusus Swadaya dengan harga yang kompetitif dan tanpa mengorbankan kualitas makanan melalui Kantin Swadaya. Di kota Palembang terdapat 52 Kantin Swadaya yang menyediakan makanan sehat bagi para mitra, sementara di Bandar Lampung ada 30 Kantin Swadaya dan di Batam 31 Kantin Swadaya.

Kantin Swadaya merupakan kolaborasi antara Gojek di Palembang, Bandar Lampung dan Batam dengan UMKM mitra usaha GoFood dengan menyediakan paket makanan berkualitas dengan harga khusus bagi Mitra Gojek. Kantin Swadaya ini dapat dilihat melalui aplikasi yang dimiliki Driver serta mudah dijangkau karena tersebar di berbagai wilayah di ketiga kota tersebut. Hingga akhir November 2020, jumlah Kantin Swadaya ini jumlahnya sudah lebih dari 100 Kantin. Dengan bertambahnya jumlah Kantin Swadaya, secara langsung Gojek juga membantu mengembangkan UMKM mitra usaha GoFood, terutama di saat pandemi seperti saat ini. Prinsip gotong-royong inilah yang dibangun Gojek dalam ekosistemnya.

Vice President Regional Strategic Gojek Sumbagsel, Erika Agustine menyatakan bahwa Program Swadaya ini merupakan sebuah upaya untuk membantu daya tahan para mitra dalam menghadapi pandemi Covid-19 seiring dengan berbagai dampak ekonomi terhadap berbagai sektor usaha.

“Mitra adalah tulang punggung utama dalam semua layanan Gojek. Sama seperti pelaku usaha lainnya, para mitra pun selama masa pandemi ini menghadapi tantangan yang semakin besar. Gojek berupaya untuk mencari jalan keluar yang kreatif bagi para mitra yang berjuang. Selain membantu untuk meraih pendapatan harian yang baik, kami juga membantu mengurangi pengeluaran harian mereka dengan berbagai cara,” papar Erika, Senin (30/11/2020).

Selain meringankan beban harian mitra melalui Kantin Swadaya, Program Swadaya ini juga melindungi mitra dan memberikan mitra akses keuangan jangka panjang. Sesuai dengan tiga pilar utama Program Gojek Swadaya yaitu meringankan biaya harian yang berisi program-program yang dapat meringankan pengeluaran dan biaya operasional sehari-hari mitra driver, pilar melindungi mitra yakni program yang dapat memberikan proteksi diri dan finansial para mitra, dan serta pilar akses keuangan berisi program perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.

Sejak diluncurkan pada 2016 lalu, Program Gojek Swadaya telah memberikan dampak positif bagi para mitra driver. Program tersebut mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari mitra driver Gojek di wilayah Sumbagsel. Terbukti hingga November 2020, sudah ribuan mitra driver di Palembang, Bandar Lampung dan Batam yang memanfaatkan program Gojek Swadaya.

Inisiatif lain yang juga telah dilakukan Gojek di wilayah Sumbagsel adalah dengan fokus pada tiga akses utama, yakni Makanan dan Sembako (Food & Staples): voucher sembako Alfamart bagi Mitra Gojek; Pengeluaran Operasional (Operational Expenses): bantuan Komunikasi dan Internet, perawatan kendaraan dan spare parts; serta Perencanaan Hidup (Life Planning): yaitu bantuan proteksi diri dan financial mitra melalui asuransi dan pinjaman. (anz)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

MARHABBAN YA RAMADHAN

Kalender

November 2020
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget