Viva Sumsel

 Breaking News

Amartha Gandeng BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel

Amartha Gandeng BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel
Juni 16
21:56 2022

 

  • Berkomitmen Salurkan Permodalan Rp50 M untuk UMKM

VIVA SUMSEL.COM, JAKARTA – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha)*, perusahaan finansial teknologi yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan, berkolaborasi dengan Bank Perkreditan Rakyat Utomo Manunggal Sejahtera untuk melakukan penyaluran modal usaha bagi perempuan pengusaha mikro sebesar Rp50 miliar. Peresmian kerja sama ditandai dengan prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan pada hari Selasa (31/05) di kantor pusat Amartha.

Kolaborasi yang terjalin antara Amartha dan BPR Utomo Manunggal Sejahtera bertujuan guna memperluas akses permodalan bagi UMKM dan bersama mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Penyaluran pendanaan akan menargetkan perempuan pengusaha mikro di wilayah Sumatra Selatan dan menggunakan pola kredit channeling.

Chief Risk & Sustainability Officer Amartha*, Aria Widyanto menyampaikan bahwa BPR Utomo Manunggal Sejahtera merupakan BPR pertama di wilayah Sumatra yang bergabung dengan Amartha untuk menyalurkan modal usaha bagi perempuan pengusaha mikro.

Permodalan dari hasil kolaborasi ini, akan disalurkan untuk UMKM di sektor perdagangan di provinsi Sumatra Selatan.

“Kami berharap sinergi ini dapat menjadi penggerak bagi institusi lain untuk bersama-sama memberi akses permodalan melalui Amartha, sehingga penyaluran modal usaha dapat menjangkau wilayah lainnya.”tutur Aria.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2021, Amartha telah menyalurkan dana untuk UMKM di Sumatra Selatan mencapai lebih dari Rp200 miliar rupiah dan total dana yang telah disalurkan mencapai lebih dari Rp400 miliar terhitung hingga tahun ini.

“Potensi UMKM di Sumatra Selatan juga sangat baik untuk dikembangkan, hingga saat ini Amartha mengelola lebih dari 78 ribu ibu mitra di Sumatra Selatan,”imbuhnya.

Beroperasi sejak tahun 2011, BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel telah berhasil mencapai prestasi sebagai BPR dengan kinerja keuangan yang mumpuni selama sembilan tahun berturut-turut dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021.

Direktur Utama BPR Utomo Manunggal Sejahtera, Ferrial Aksha menyampaikan bahwa BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel memilih Amartha sebagai mitra untuk menyalurkan permodalan usaha karena BPR melihat Amartha memiliki bisnis model yang sustainable, di mana Amartha memadukan teknologi dengan membawa dampak sosial yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro perempuan.

Para mitra yang termonitor ini juga mendapatkan pelatihan dengan baik sehingga bisnisnya dapat berkembang.

“Dengan adanya sinergi dan kolaborasi dengan Amartha diharapkan akan membawa dampak yang lebih besar lagi dan semakin tumbuh pesat, membuka layanan keuangan dengan lebih mudah, cepat dan luas dalam penyaluran pendanaan kepada pelaku UMKM.” ungkapnya.

Sebagai perusahaan teknologi, Amartha berkomitmen untuk mendigitalisasi pedesaan dengan meluncurkan layanan keuangan dan produk-produk inovatif seperti Amartha+, yang dapat digunakan oleh mitra Amartha untuk melayani transaksi ‘pembayaran digital di pedesaan, mulai dari pembayaran tagihan rumah tangga, BPJS, hingga belanja borongan.

Sejauh ini, Amartha telah menyalurkan modal usaha sebesar lebih dari Rp6,5 triliun kepada lebih dari satu juta perempuan pengusaha mikro.

“Amartha terbukti dapat menjaga kualitas pinjaman dengan angka NPL yang stabil di bawah 0,5%,”ungkap Ferrial.

Amartha menyadari bahwa terwujudnya akselerasi penyaluran modal di pedesaan membutuhkan peran dan kerja sama dengan banyak pihak, salah satunya seperti kolaborasi dengan BPR Utomo Manunggal Sejahtera ini.

Pihak Amartha percaya bahwa kerja sama yang saling menguntungkan ini akan membawa dampak yang lebih besar lagi, tidak hanya bagi Amartha sebagai perusahaan penyediaan layanan keuangan, tetapi juga para mitra binaan yang merasakan langsung dampak kesejahteraan bagi keluarga mereka. (Anz)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

Banner Ucapan ramadhan

Karir Pad Widget