Viva Sumsel

 Breaking News

Ini dia Penampakan 7 Uang Kertas Baru Tahun 2022, Yuk.. Kenali Ciri-cirinya

Ini dia Penampakan 7 Uang Kertas Baru Tahun 2022, Yuk.. Kenali Ciri-cirinya
Agustus 18
17:00 2022

VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – Pemerintah dan Bank Indonesia telah menggelar acara peluncuran 7 (tujuh) pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada 18 Agustus 2022 di Jakarta pukul 08.30.

Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022. Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rpl 00.000, Rp50.OOO, Rp20.OOO, RP. 10.000, Rp5.OOO, Rp.2000, dan Rp.1000.

Peluncuran Uang TE 2022 juga dilakukan di Sumatera Selatan pada 18 Agustus 2022 oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja.

Pertama kalinya ditandai dengan penyerahan Token of Appreciation (TOA) berupa Uang TE 2022 kepada beberapa tokoh di wilayah Sumatera Selatan.

TOA Uang TE 2022 diserahkan pada 18 Agustus 2022 kepada Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H., M.M., segera setelah resmi diluncurkan pada puku109.17 WIB.

Selanjutnya, penyerahan juga diberikan untuk Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Mawardi Yahya dan Walikota Palembang, H. Harnojoyo, S. Sos.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja mengatakan Penyerahan TOA ini dirasakan spesial karena pada kesempatan tersebut, dirinya mengajak para pejuang Rupiah Bank Indonesia Sumatera Selatan yang sehari-hari bertugas untuk mengedarkan uang Rupiah dan mengedukasi Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat sampai pelosok terpencil wilayah Sumatera Selatan.

Erwin Soeriadimadja menegaskan bahwa tujuan peluncuran Uang TE 2022 adalah untuk menyediakan uang Rupiah yang semakin berkualitas di seluruh wilayah NKRI, meningkatkan keamanan dalam bertransaksi menggunakan Rupiah, dan tentunya meningkatkan kebanggaan terhadap Rupiah sebagai salah satu simbol kedaulatan NKRI.

“Bagi masyarakat dapat memperoleh uang TE 2022 melalui proses penukaran di loket perbankan, atau melalui layanan mobil kas keliling Bank Indonesia yang akan dimulai pada tanggal 19-29 Agustus 2022 di berbagai lokasi strategis sebagaimana terlampir,”ujarnya di sela-sela peluncuran , Kamis (18/08/2022).

Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Erwin menambahkan, Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.

“Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya,”imbuhnya.

Seluruh Uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

Pengeluaran Uang TE 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. Hal ini selaras pula dengan tema HUT RI ke-77: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. (anz)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

BANNER HARI GURU NASIONAL

SELAMAT TAHUN BARU 2023

Kalender

SELAMAT TAHUN BARU 2023

Banner REUNI AKBAR SMPN 2 PALEMBANG

Karir Pad Widget