Viva Sumsel

 Breaking News

UBD – Balai Bahasa Gelar Lokakarya Bahas Pembentukan Kepengurusan APPBIPA Sumsel

UBD – Balai Bahasa Gelar Lokakarya Bahas Pembentukan Kepengurusan APPBIPA Sumsel
Desember 12
13:02 2022

VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, Sabtu, (10/122022). menggelar lokakarya bersama Balai Bahasa Sumatera Selatan (Sumsel) dengan agenda musyawarah membahas pembentukan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Sumsel.

Sebanyak 13 tamu dari Universitas dan Sekolah Tinggi di Sumsel yang merupakan pengajar dan pegiat diundang untuk mengikuti kegiatan lokakarya di Aula Prof. Bochari Rachman UBD.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel, Drs Umar Solikhan, M. Hum mengatakan melalui musyawarah ini diharapkan dapat membangkitkan eksistensi Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) yang sempat vakum akibat pandemi covid 19.

“Mengenalkan Bahasa Indonesia di dunia mancanegara merupkan visi, kita oleh sebab itu, melaui kegiatan ini kita ingin menciptakan wadah bagi para pengajar atau pengiat yang sudah bersetifikasi, untuk menyukseskan program mengajar bahasa Indonesia bagi orang asing.,”tutur Umar Solikhan.

Ia menambahkan, wadah tersebut bukan hanya terkait pengajaran saja namun juga meliputi lokakarya, pelatihan dan kegiatan sejenisnya.

Dalam loka karya yang mengangkat tema bangkit bersama BIPA, mengenalkan Sumsel ke Mancanegara, tampak hadir pula Kepala Lembaga Bahasa UBD, Komala Dwi Syaputri M.Pd.

Komala Dwi mengatakan Misi utama APPBIPA adalah memartabatkan bahasa Indonesia dan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada orang asing.

“Oleh karana itu, kita ingin membuka kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan ke-BIPA-an di seluruh Sumsel untuk bersinergi mengadakan kegiatan-kegiatan, seperti pelatihan, seminar, dan lain sebagainya yang melibatkan berbagai pihak, seperti perguruan tinggi, lembaga pelatihan, dan institusi,”tuturnya.

Sumber : http://www.binadarma.ac.id

Editor : Muhardi Aanz



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

MARHABBAN YA RAMADHAN

Kalender

Desember 2022
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget