Viva Sumsel

 Breaking News

Disperindagkop Palembang Beri Pelatihan Pengembangan Souvenir Bertemakan Songket

Disperindagkop Palembang Beri Pelatihan Pengembangan Souvenir Bertemakan Songket
April 26
19:39 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) memberikan pelatihan kewirausahan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) di kota Palembang. Pelatihan diadakan di hotel Graha Sriwijaya dan berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (27-28/4).

Kepala Bidang (Kabid) UKM dan mikro Disperindagkop kota Palembang Yusni Handayani mengatakan pelatihan diikuti sebanyak 30 UKM sovenir songket, adapun yang ditekankan dalam pelatihan ini adalah bagaimana melakukan inovasi-inovasi kerajinan souvenir dengan bertemakan songket.

“Songket memang melekat dengan image kota Palembang, maka dari itu Disperindagkop ingin mengembangkan kerajinan souvenir bertemakan songket, souvenirnya pun haruslah mengandung nilai-nilai inovasi seperti melakukan pembuatan tas atas cinderamata yang unik yang  bisa menarik minat orang untuk membeli,” jelas Yusni.

Ia menambahkan, pelatihan seperti ini sangat diperlukan setidaknya dilakukan setahun dua kali agar lebihnya banyak lagi pelaku UKM dapat terserap kedalam pelatihan apalagi dua tahun mendatang kota ini bertindak sebagai tuan rumah Asian Games yang tentu saja para duta-duta olahraga beserta officialnya akan mencari sesuatu souvenir ciri khas dari tuan rumah penyelenggara Asian Games sebagai barang kenang-kenangan.

Dikatakannya, dengan adanya pelatihan ini Disperindagkop berharap para pelaku UKM dapat percaya diri memasarkan produk yang dihasilkan selain itupula pelaku UMKM di Palembang bisa mengakses pengetahuan dan hasil souvenirnya ketika even Asian Games nanti.

Sementara, Plt Kepala Disperindagkop Palembang Hardayani mengatakan realisasi program latihan kerja ini diharapkan mampu mengembangkan usaha, memfasilitasi perluasan akses promosi dan pemasaran produk unggulan daerah dan melalui kegiatan ini pula diharapkan produk-produk souvenir kota palembang dapat menjadikan cinderamata dalam perhelatan asian games 2018

“Menurut data yang ada disperindagkop Palembang sampai bulan desember 2015 jumlah usaha mikro menengah sebanyak 36.441 unit usaha dan menyerap tenaga kerja 142.122 orang tenaga kerja, jadi ini sesungguhnya potensi yang cukup besar teetuama dalam menyemarakan Asian Games khususnya di sektor souvenir,” tandasnya (anz)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget