Viva Sumsel

 Breaking News

Ingin Jadi Tuan Rumah PON, Aceh Belajar Ke Sumsel

Ingin Jadi Tuan Rumah PON, Aceh Belajar Ke Sumsel
Oktober 25
20:21 2016

VIVA SUMSEL.COM – Palembang, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) berambisi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada 2024. Bumi serambi mekah ini ingin menjadi tuan rumah olahraga terbesar di tanah air setelah Papua tahun 2020 mendatang.

Guna memuluskan rencana itu, NAD ingin belajar dari Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai provinsi yang telah berpengalaman menyelenggarakan suatu event olahraga, Sumsel pernah menjadi tuan rumah PON XVI 2004 dan SEA GAMES 2011. Pasca PON XVI 2004 Sumsel memiliki fasilitas olahraga terlengkap dan berstandar internasional.

Delegasi NAD yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) didampingi ketua komisi V Mohammad Alfatah beserta jajaran berkunjung ke Sumsel, Selasa, (25/10). Rombongan diterima oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, H. Ahmad Yusuf Wibowo.

Ketua rombongan yang juga Wakil Ketua DPRD NAD, Adam Muklis mengatakan tujuan rombongannya datang ke Sumsel ingin belajar banyak terkait tuan rumah penyelenggaraan event olahraga, salah satu hal yang terpenting adalah terkait Perda yang berkenaan dengan pemuda dan olahraga.

“Tak salah jika kami memilih Sumsel sebagai pilot project kami, Sumsel memang telah berpengalaman menyelenggarakan suatu event olahraga bahkan hingga tingkat internasional,” ucapnnya.

Sebagai anggota DPRD, kata Adam menambahkan pihaknya ingin mencari masukan sesuai dengan tupoksinya khususnya yang terkait dengan pembentukan Perda yang akan dibentuk Pemprov NAD dibidang pemuda dan olahraga.

Selain soal Perda, pihaknya juga meminta dukungan kepada KONI Sumsel terkait pencalonan NAD sebagai tuan rumah PON 2024 mendatang. NAD ingin mengikuti jejak daerah-daerah di Sumatera yang pernah menjadi tuan rumah PON.

“Peluang penyelenggaraan PON digelar di pulau Sumatera cukup terbuka, setelah dua kali penyelenggaraan diluar pulau ini yakni di Bandung dan Papua namun faktor kesiapan dari tuan rumahlah yang sangat penting,” terang Adam

Sementara, Kadispora Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan Sumsel menempatkan bidang olahraga sebagai suatu yang menjadi perhatian lebih, banyak event-event olahraga yang diselenggarakan disini diyakini dapat mendongkrak sektor-sektor lainnya.

“Kesuksesan Sumsel dalam menyelanggarakan event olahraga didukung semua pihak, pemangku-pemangku kepentingan bersama pemerintah daerah bahu membahu menjadi kunci keberhasilan Sumsel sebagai tuan rumah suatu event olahraga,” ujarnya.

Disamping itu pula, kata Yusuf menambahkan, Sumsel menempatkan olahraga tidak hanya sebagai sport semata namun lebih dari itu sudah masuk ke ranah industri dan pariwisata ini juga yang Dispora sampaikan dalam paparan dihadapan delegasi NAD tadi. (anz)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget