Viva Sumsel

 Breaking News

KMHDI dan PERADAH Siap Tampilkan Aksi Tari Kecak Pada Moment GMT

KMHDI dan PERADAH Siap Tampilkan Aksi Tari Kecak Pada Moment GMT
Maret 05
11:09 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Menyongsong Persitiwa Gerhana Matahari Total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang, Pemuda dan Remaja yang tergabung dalam Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia (KMHDI) Sumatera Selatan (Sumsel) beserta Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (PERADAH) Palembang siap menampilkan aksi tari kecak

Tak tanggung-tanggung sebagai bukti keseriusan dan demi penampilan terbaik KMHDI dan PERADAH mendatangkan pelatih tari kecak dari Ogan Komering Ulu (OKU). Dibawah arahan Widi inilah 48 penari ditambah 7 orang pemain berlatih secara maksimal untuk penampilan terbaik nantinya.

“Latihan digelar tiap malam dibawah bimbingang bapak Widi, “ ujar Pengurus KMHDI Sumsel, Made Suarte saat ditemui di Pura Sriwijaya, Jalan Seduduk Putih, Palembang, jumat (4/3).

Dijelaskannya, tari ini adalah pertunjukan tarian seni khas Bali yang lebih utama menceritakan mengenai Ramayana dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana.

“Namun, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat” Kata dia menambahkan.

Made melanjutkan, Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa.

“Kami merasa senang atas partisipasi yang dapat kami lakukan pada saat GMT nanti, karena selain penampilan ogoh-ogoh tari kecak juga sebagai upaya kami melestarikan salah satu budaya Indonesia yakni budaya Bali,” tandasnya. (anz)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget