Viva Sumsel

 Breaking News

Macet Parah, Pungli Marak di Jalur Lintas Tengah

Macet Parah, Pungli Marak di Jalur Lintas Tengah
Juni 25
11:56 2019

VIVA SUMSEL.COM, Muara Enim – Personil gabungan Polres Muara Enim menggelar kegiatan apel gabungan guna mengurai Kemacetan Jalinteng, dan mengamankan pemalak jalanan. Minggu, (23/6/2018) sekitar Pukul 20.30 WIB. Apel gabungan dipimpin oleh Kapolsek Tanjung Agung AKP Arif Mansyur SH, SIK, MM. dan Polres Muara Enim Ipda Yeri Gunawan.

AKP Arif Mansyur SH, SIK, MM. mengatakan Kegiatan tersebut untuk menindak lanjuti terjadinya kemacetan di jalan lintas tengah Kec. Panang Enim Desa Muara Meo sampai dengan Kec. Tanjung Agung Desa Matas. Kemacetan tersebut terjadi mulai terjadi pada hari Jum’at tanggal 21 Juni 2019 sampai dengan saat ini (24 Juni 2019) dan penanggulangan Pungli dan Aksi Premanisme di Wilkum Polsek Tanjung Agung.

Menururnya penyebab kemacetan karena pengalihan arus untuk mobil truck dan bus yang melintas dari lintas timur diarahkan ke lintas tengah karena rusaknya jembatan Pematang Panggang Kab. Mesuji Provinsi Lampung yang mengakibatkan penambahan volume kendaraan dijalur lintas tengah dan akibat dari penumpukan tersebut banyak mobil yang mengalami slip karena jalan yang berada di jalur lintas tengah (Kec. Panang Enim) terlalu sempit dan banyaknya tikungan tajam.

“Akibat dari kemacetan tersebut diduga timbulnya kegiatan pungli yang dilakukan oleh masyarakat yaitu diantaranya Desa Pandan Enim, Desa Lebak Budi, Desa Lambur, Desa Suka Raja, Pandan Dulang, Desa Simpang Meo,”ujarnya.

Adapun modus yang dilakukan oleh masyarakat tersebut dalam melakukan pungli adalah dengan cara mengatur kendaraan yang melewati jalan yang ada di desa tersebut dengan maksud untuk mengurai kemacetan dan pada saat kendaraan akan melewati titik tersebut masyarakat yang melakukan pengaturan meminta jasa kepada pengemudi dengan mengumpulkan sejumlah uang didalam kardus ataupun diambil secara langsung dari sopir.

“Jumlah uang jasa yang diterima oleh masyarakat bervariasi mulai dari Rp. 2.000.- (dua ribu rupiah) sampai dengan Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah), hal tersebut dilakukan oleh masyarakat terhadap sopir dengan tanpa paksaan dan diduga kuat sebagian oknum Masyarakat tersebut melakukan Pemerasan kepada sopir kendaraan baik kendaraan Truck, Bis AKAP maupun kendaraan Pribadi yang melintas,”imbuhnya.

Dikatakannya menindaklanjuti adanya pungli tersebut pihak Polsek Tanjung Agung berhasil mengamankan pelaku pungli yang tersebar dalam beberapa titik antara Desa Lambur-Desa Muara Meo Kec.Panang Enim tersebut antara lain, kendaraan yang melintasi jalur lintas tengah didominasi oleh kendaraan yang berdimensi besar (truck fuso, trailer, bis AKAP) sehingga menyebabkan kemacetan diruas jalan menikung karena pada saat melintasi jalan tersebut kendaraan tidak bisa melintas secara bersamaan, Pungli tersebut terjadi pada titik jalan yang menikung, yang mana hal tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat, Para pengemudi sudah menyiapkan uang pecahan sebesar Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah) untuk memberikan jasa terhadap masyarakat yang dianggap telah membantu kelancaran perjalanan mereka akibat dari kemacetan yang terjadi, Sebagian Oknum masyarakat tersebut meminta uang jasa dengan cara memaksa, Diperkirakan biaya untuk uang jasa yang dikeluarkan oleh sopir mulai dari Desa Simpang Meo sampai dengan Desa Lambur tidak lebih dari Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).

“Saat ini pelaku pungli diamankan di Polsek Tanjung Agung dan selanjutnya akan dilimpahkan ke Polres Muara Enim,” terangnya.

Selanjutnya dilakukan kordinasi dengan Sat Lantas Polres OKU dan Dishub Kab. OKU untuk melakukan pembatasan jam melintas untuk kendaraan yg akan melewati jalur Lintas Tengah Sumatera dikarenakan badan jalan yang sempit dan beberapa titik mengalami kerusakan sehingga akan menyebabkan kemacetan Panjang.

Kemudian Kegiatan penanggulangan kemacetan dan Pemberantasan Premanisme selesai sekitar Pukul 02.30 Wib dalam keadaan aman. ( Rawal Hadi)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Loading

Kalender

Oktober 2021
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget