Viva Sumsel

Media Online Dapat Mempengaruhi Tingkat Keterpilihan

 Breaking News
  • Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Muara Enim Tahun 2018 VIVA SUMSEL.COM. Muara Enim – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muara Enim menggelar acara pawai  dalam rangka deklarasi kampanye damai pilkada serentak tahun 2018, Minggu (18/2/2018). Ribuan orang mengikuti...
  • Dedikasi KKBS 9 Bagi Siswa Tidak Mampu VIVA SUMSEL.COM,  Palembang – Alumni SMAN 9 Alumni SMAN 9 Palembang sepakat membentuk Yayasan Kerukunan Keluarga Besar SMAN 9 Palembang (KKBS 9). Tujuan didirikan Yayasan KKBS 9 ini untuk membantu...
  • Puteri Elvi Sukaesih Tersandung Kasus Narkoba VIVA SUMSEL.COM, Jakarta – Jajaran Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya melakukan penangkapan terhadap Dhawiyah Zaida, putri dari pedangdut Elvi Sukaesih. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono...
  • Laris Manis, Makin Banyak Peminat Layanan Premium PLN VIVA SUMSEL.COM, Palembang  – Setelah sebelumnya, Selasa (13/2/2018) kemarin PDAM Tirta Musi Palembang resmi menjadi pelanggan Layanan Premium Silver  PT PLN (Persero) Area Palembang, hari Kamis (15/2/2018) pelanggan Premium PLN...
  • 410 Pelajar Sumsel Terima Beasiswa Conoco Philips VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Sebanyak 410 pelajar di Sumatera Selatan (Sumsel) mendapatkan beasiswa dari ConocoPhilips (Gresik) Ltd (CPGL) yang bekerjasama dengan Yayasan Ancora berkolaborasi dalam program beasiswa tahunan bagi mahasiswa...
Media Online Dapat Mempengaruhi Tingkat Keterpilihan
Februari 08
14:13 2018

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Keberadaan media online dinilai sangat berpengaruh terhadap pilkada serentak di Sumsel. Bahkan, tim media calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel sepakat bahwa media online dapat mempengaruhi tingkat keterpilihan pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel Juni mendatang.

Hal ini diungkapkan perwakilan masing-masing tim media saat menjadi pembicara pada diskusi santai yang diselenggarakan oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel dengan tema Peran Media Online pada Pilkada Sumsel 2018 di Dipo Cafe, Rabu (7/2) malam.

Perwakilan Tim Media pasangan Dodi Reza-Giri Ramanda, Mulyono mengatakan, media online memiliki peranan penting dalam menyampaikan pesan para kandidat ke masyarakat, terutama bagi pengguna internet. Bahkan media online juga sangat efisien untuk mensosialisasikan pelaksanaan pilkada.

“Berdasarkan dari data yang dirilis, pengguna internet di Sumsel mencapai 30 persen. Ini akan sangat berpengaruh terhadap keberhasil tiap kandidat dalam menyampaikan opini dan untuk meraih kemenangan,” ujarnya.

Sementara itu, tim Media pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya, Alfrenzi Panggarbesi menilai ada perubahan kebiasaan di masyarakat dari yang dahulu menggunakan surat kabar, beralih ke informasi media online. Ini sudah terlihat sejak Pilpres tahun 2014 lalu. Karen saat itu tampak bagaimana dua Capres Joko Widodo dan Prabowo menggunakan media online untuk mencapai target kemenangan.

“Selanjutnya, kita lihat di Pilkada DKI tahun 2017 lalu, tim sukses pasangan calon memposisikan media online sebagai media strategis untuk bersosialisasi,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan tim Media pasangan Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin, Firdaus Hasbullah. Dia menuturkan, semua kandidat yang maju di Pilgub Sumsel membutuhkan keberadaan media online. Namun dia mengingatkan media massa mampu menjaga netralitasnya dalam konteks pilkada.

“Kita juga berharap media online ikut serta dalam pengawasan penyelenggaraan pilkada, dan harus bisa memastikan masyarakat menggunakan hak pilihnya serta terlibat aktif dalam pengawasan penyelenggaran pilkada,” ucapnya.

Tim Media pasangan Aswari Rivai-Irwansyah, Rasyid Irfandi menyambut baik keberadaan media online untuk mempublikasikan tentang pilkada, baik pemberitaan positif maupun berita negatif.

 “Yang penting media online ini tetap memegang teguh kaidah jurnalistik,” pungkasnya. (anz)

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment