Viva Sumsel

 Breaking News

Menteri Yasonna Buka Kongres XXII Ikatan Notaris Indonesia di Palembang

Menteri Yasonna Buka Kongres XXII Ikatan Notaris Indonesia di Palembang
Mei 19
19:16 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Kongres XXII Ikatan Notaris Indonesia (INI) berlangsung di Palembang tanggal 19-21 Mei 2016. Dalam kongres yang dihadiri 2.500 peserta dari perwakilan DPD INI dari seluruh Indonesia ini salah satu agendannya adalah pemilihan ketua umum INI periode 2016-2019. Kongres dibuka oleh Menteri Hukum dan Ham (Menkum HAM) Yasonna Laoly dan disaksikan oleh Gubernur Sumsel, Ir Alex Noerdin.

Dalam sambutannya, Yasonna Laoly berpesan notaris agar tetap menjunjung asas kepatutan, kecermatan dan kode etik dalam membuat akta khususnya untuk pihak yang mengatasnamakan perkumpulan. Kemenkum HAM berharap notaris tetap menjaga martabat dan kehormatan profesinya karena berdasarkan UU diangkat dan diberhentikan menteri.

“Pemerintah menilai profesi notaris merupakan profesi terhomat dan bermartabat maka dari itu diharapkan para notaris dapat menjaganya,” ujar Yasonna, Kamis (19/5) di Hotel Novotel Palembang.

Yasonna kembali mengingatkan agar para notaris dalam menjalani profesinya hendaknya menjunjung tinggi asas profesionalisme, jujur mandiri dan tidak berpihak dan yang terpenting lagi adalah bekerja sesuai dengan kode etik utamanya dalam setiap pengambilam keputusan.

“Mengapa itu penting saya sampaikan dalam kesempatan ini karena Kemenkum HAM mendapati laporan adanya notarsi “nakal” yang mengabaikan nilai-nilai profesionalisme dan sudah barang tentu ini merusak citra notaris namun saya yakin peserta yang ikut kongres hari ini tidak demikian,” cetusnya.

Melihat hal itu, pemerintah merasa perlu melakukan inovasi khusunya dalam kaitan peningkatan profesionalisme notaris

“Saat ini yang sedang pemerintah kajian adalah sistem digitalisasi guna menyimpan dokumen notaris dan satu lagi yakni pelaksanaan uji kompetensi bagi notaris agar para notaris yang diluluskan oleh berbagai perguruan tinggi memiliki daya saing baik ditingkat nasional maupun regional mengingat indonesia akan menghadapi MEA,”terangnya.

Sementara, Ketua INI Sumsel, Kemas Abdullah mengatakan pemilihan ketua akan dilangsungkan pada hari ketiga kongres yakni hari sabtu. Dalam kongres kali ini sebanyak enam kandidat meramaikan bursa pemilihan ketua. Keenam kandidat tersebut adalah Firdhonal, Risbert, Julius Purnawan, Herdimansyah, Abdul Syukur dan Yualita Widyadhari.

Ia berharap dalam kongres ini dapat lahir ketua INI periode kedepan yang memiliki integritas dan moral serta pengetahuan. Sebab point-poin ini sangat berkenaan dengan profesi seorang notaris.

“Siapun dia yang terpilih nanti saya berharap dapat menjunjung yang saya sebutkan tadi, mudahan-mudahan dibawah komando ketua baru INI mampun menjawab tantangan kedepan,” tandasnya (anz).

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget