Viva Sumsel

 Breaking News

Pertokoan Jalan Sudirman Ditata Dengan Cat Warna-Warni, Lampu Vendor Dan Neon Box

Pertokoan Jalan Sudirman Ditata Dengan Cat Warna-Warni, Lampu Vendor Dan Neon Box
Januari 06
20:09 2017

VIVA SUMSEL.COM – Palembang, Dalam rangka menyambut pelaksanaan Bonn Challenge bulan Febuari 2017 dan Asian Games 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar rapat penataan bangunan pertokoan disepanjang jalan Jenderal Sudirman mulai dari simpang Charitas hingga tengkuruk permai. Rapat melibatkan SKPD terkait bersama 300 pemilik/penyewa toko yang digelar di rumah dinas Walikota Jalan Tasik Palembang, Jumat, (6/1)

Usai menggelar rapat, Walikota Palembang, Harnojoyo  mengatakan Pemkot telah mengeluarkan Surat Edaran terkait adanya rencana ini. Dalam surat edaran bernomor 4/SE/DISDAG/2017 Pemkot mengimbau kepada pemilik toko untuk melakukan pengecatan bangunan, menyediakan tempat sampah dan memasang papan nama toko dalam bentuk neon box serta menghidupkan lampu vendor dari pukul 18.00 wib sampai dengan 06.00 wib.

Harnojoyo juga mengatakan jika tidak mengindahkan himbauan ini maka akan melakukan peninjauan kembali terhadap segala bentuk perijinan bangunan toko sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dari rapat bersama tadi, semua pemilik/penyewa toko menyatakan sepakat dengan himbauan ini,termasuk pula anggaran cat dari mereka sendiri” Ujar Harno.

Hanojoyo menegaskan kawasan Jenderal Sudirman dan terngkuruk ini merupakan wajah kota Palembang jadi sudah selayaknya ditata lebih rapi mengingat tahun depan kota ini menggelar Asian Games 2018 dan Pemkot telah memulainya dengan menata pedestrian di trotoar Jalan Sudirman.

Terhadap pengecatan bangunan, kata Harno menambahkan warnanya tidak mesti seragam dan kualitas catnya kalau bisa yang bagus sedangkan mengenai neon box, Pemkot menetapkan ketentuan dengan lebar 1 meter dan panjang disesuaikan dengan panjang toko sementara papan nama toko dibingkai atau dikelilingi dengan lampu selang LED.

“Kalau untuk warna cat boleh tidak seragam, khusus untuk neon box memang tadi ada sedikit keberatan dari pemilik toko terkait biaya pajaknya akan tetapi Pemkot mengambil kebijakan untuk membebaskan biaya pajaknya selama tiga tahun,” terang Harno.

Dari rapat inipula terang Harno, tadi ada dua pemilik toko yang bersedia dicat tokonya dalam waktu dekat ini, ini tentu Pemkot apresiasi dan menjadi pendorong bagi yang lainnya. Kesediaan pemilik toko ini Pemkot jawab dengan melakukan pengecetan pada hari minggu mendatang.

“Memang Pemkot tidak menentukan waktunya namun Pemkot meminta pemilik toko untuk sesegera mungkin melakukan pengecatan tokonya,” imbuh Harno

Selain itu pula akan di pantau dan dibentuk tim guna memantau program ini termasuk juga permasalahan lainnya seperti kantong-kantor parkir keamanan dari acesoris lampu tersebut dan lain sebagainya.

Sementara, Untung (38) tahun salah satu pemilik toko mengatakan pada dasarnya dirinya setuju dengan himbauan ini, dirinyapun telah mengerti bahwa kebutuhan ini untuk menyambut Asian Games 2018 Cuma ada dua yang menjadi ganjalannya yakni terkait pajak reklame neon box dan banyaknya pembeli jika toko dibuka sampai malam hari.

“Kalau soal pajak saya cukup lega karena ada jawaban bahwa Pemkot akan membebaskan selama tiga tahun namun jika toko yang buka hingga malam hari, ini yang masih dipikirkan lagi karena belum tentu pembeli seramai siang hari,” pungkasnya. (muhardi)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget