Viva Sumsel

 Breaking News

Sambut HUT PGRI Dengan Tabur Bunga

Sambut HUT PGRI Dengan Tabur Bunga
November 20
08:28 2016

VIVA SUMSEL.COM – Palembang, Sekitar 2000an pelajar dan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kenang jasa Pahlawan dengan menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang jalan Jenderal Sudirman kilometer 3,5 Palembang, Sabtu (19/11) pagi.

Salah satu wujud upaya nyata dalam mengenang jasa serta meningkatkan rasa nasionalisne oleh PGRI Kota Palembang yang dikomandoi oleh Ketua PGRI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ahmad Zulinto, mengajak segenap anggota PGRI yang ada di Kota Palembang dan perwakilan pelajar dari beberapa sekolah dengan total mencapai 2000an orang untuk menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang.

“Ini adalah sebagian upaya kami untuk mengingat perjuangan para pahlawan, baik pahlawan perjuangan ataupun pahlawan tanpa tanda jasa (guru). Jadi kami mengajak para guru dan siswa melakukan tabur bunga di makam pahlawan dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran kepada siswa, bahwa perjuangan pahlawan dan guru sangat besar dan harus selalu dikenang,” jelasnya seusai acara tabur bunga di makam pahlawan, Sabtu (19/11).

Kedepannya kegiatan positif ini akan diagendakan setiap tahunnya. “Kegiatan ini bukan hanya dilakukan di makam pahlawan saja, tetapi juga pada beberapa makam para pejuang dan senior pengurus PGRI terdahulu. Serta makam-makam bersejarah lainnya,” tambah Zulinto.

Menurut Zulinto, saat ini nilai patriot dan nasionalisme sudah tertanam dengan baik pada siswa, namun perlu upaya dari berbagai aspek untuk lebih membangun karakternya. “Saya yakin rasa nasionalisme sudah ada pada setiap siswa. Tinggal bagaimana kita menjaga nilai itu agar tetap utuh dan meningkat. Ini merupakan tugas kit,a sama baik sebagai lembaga organisasi maupun sebagai seorang pendidik,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Sekretaris PGRI Kota Palembang Akhmad Kamil, kegiatan ini dilakukan setiap tahun dengan tujuan mengenang para pahlawan yang berjuang untuk menegakkan kemerdekaan. Pihaknya berharap, siswa bisa menyadari jikalau perjuangan menegakkan kemerdekaan republik ini tidak terlepas dari tokoh para pahlawan ini.

“kami ingin menanamkan karakter patriotisme kepada siswa, saat ini materi nasionalisme juga sudah banyak didapatkan siswa terutama pada kurikulum 2013. Dengan memiliki jiwa nasionalisne tinggi, siswa akan mendapatkan manfaat positif yang terdapat nilai karakter yang lebih baik. Selain itu, ini merupakan rangkaian peringatan hari Pahlawan pada 10 November lalu sekaligus dalam menyambut hari ulang tahun PGRI yang jatuh pada tanggal setiap 25 November,” pungkasnya. (res)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget