Viva Sumsel

 Breaking News

Sidak di Mall, BB-BPOM Palembang Temukan Belasan Produk Tak Layak Edar

Sidak di Mall, BB-BPOM Palembang Temukan Belasan Produk Tak Layak Edar
Desember 17
14:57 2018

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BB-BPOM) Palembang mendapati belasan produk makanan yang dinilai tidak layak edar di dua pasar ritel modern. Selain itu, dari inspeksi memdadak yang dilakukan, BB-BPOM juga berhasil mendapati makanan olahan yang mengandung formalin.

Kepala BB-BPOM Palembang, Dra Herdaningsih, mengatakan menjelang hari raya biasanya selalu ada permasalahan terkait makanan, karena permintaan relatif tinggi sehingga seringkali dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab.

Dijelaskan juga, menjelang Natal dan tahun baru ini pihaknya akan semakin mengintensifkan pengawasan untuk mencegah peredaran obat dan makanan ilegal, rusak dan kadaluarsa di masyarakat.

“Untuk itu kita akan instensifkan pengawasan dilapangan hingga awal tahun, apalagi sekarang ini menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Jadi akan kita awasi terus,” ucap Herdaningsih saat melakukan sidak di gerai ritel modern di Palembang, Senin (17/12/2018).

Dalam sidak yang dilajukan dengan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Perdagangan Sumsel, Tim Satgas Pengawasan Sumsel dan Bulog Divre Sumsel Babel, pihaknya mendapati berbagai produk yang tidak layak edar.

“Tadi kita juga mendapati sejumlah produk makanan yang kemasannya rusak dan kadaluarsa. Bahkan didapati juga produk makanan olahan dari tahu yang mengandung formalin. Setelah dilakukan pengujian, makanan tersebut positif mengandung formalin,” ungkapnya.

Dengan adanya produk dan makanan olahan yang tidak layak edar dan mengandung formalin, pihaknya meminta agar pengelola pasar ritel modern segera melakukan tindakan, sehingga masyarakat aman dalam berbelanja.

“Ini harus diusut tuntas, jangan ada lagi yang seperti ini. Jadi kita minta pada pengelola agar melakukan tindakan terhadap pelaku usaha. Jangan memanfaatkan moment seperti ini,” tegasnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Carrefour Palembang Square, Taufik, mengatakan, pihaknya akan segera memanggil pelaku usaha untuk diberikan peringatan.

“Barang-barang yang didapati tidak layak edar dan mengandung formalin tersebut akan segera kita musnahkan. Dan kedepan pengawasan akan lebih kita perketat,” singkatnya.(anz)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Loading

Kalender

Oktober 2021
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget