Viva Sumsel

 Breaking News

Sumsel Fokus Kembangkan Paket Wisata Olahraga

Sumsel Fokus Kembangkan Paket Wisata Olahraga
Juni 13
13:16 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Jika paket wisata kuliner atau paket wisata belanja mungkin itu sudah biasa namun jika itu paket wisata olahraga mungkin Sumsel layak mengembangkan konsep itu. Hal ini di latar belakangi tingginya respon wisatawan berkunjung ke kawasan Jakabaring Sport City setelah kawasan ini terpilih menjadi salah satu host penyelenggara Asian Games 2018.

Kepala Bidang Industri Olahraga dan Pengembangan Usaha KONI Sumsel Nirmala Dewi mengungkapkan, ide kreatif ini patut diperhitungkan dan direalisasikan sehingga bisa menambahkan khasanah lokasi-lokasi yang telah ada di sumsel dan dalam realisasinya nanti bisa saja bekerjasa sama dengan pihak swasta.

“Saya rasa belum ada daerah lain di Indonesia mengembangkan paket wisata ini, apalagi hanya Sumsel saja yang memiliki kompleks olahraga terpadu seperti JSC ini di Indonesia jadi sangat pas jika konsep wisata olahrga dikemas dengan memanfaatkan fasilitas yang ada,” ungkapnya, Senin (13/6)

Ia menerangkan, konsepnya wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas venue seperti fasilitas venue menembak dengan membayar sejumlah uang dapat meresakan sensasi menjadi atlet menembak atau juga dengan memanfaatkan fasilitas panjat tebing serta lainnya.

Ia mengungkapkan konsep ini layak digarap dengan baik terlebih lagi Pemprov Sumsel saat ini tengah berupaya menggalakan pengembangan “Sport Tourism” belum lagi ditengah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumsel lagi pengalami penurunan.

“Semenjak gaung Sumsel menjadi tuan rumah Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan ASEAN Universiti Games 2014 kawasan JSC seolah menjadi primodona bagi wisatawan dari luar Sumsel untuk di kunjungi, disinilah ide kreatif itu muncul dan ditindaklanjuti dengan merealisasikannya,”paparnya.

Pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Palembang Hari Selasa, 12 April lalu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya pun diundang. Undangan ini terkait Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sumatera Selatan dengan tema Pembangunan pada Tahun 2017 “Percepatan dan Perluasan Hilirisasi Industri dan Pengembangan Pariwisata Berstandar Internasional”. Pada acara tersebut beliau menyebut bahwa Palembang ditetapkan sebagai Model Sport Tourism Nasional pada prioritas Kementerian Pariwisata. (anz).

 

 

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget