Viva Sumsel

 Breaking News

2.176 Peserta Ikuti Try Out dan Try Out Online UI

2.176 Peserta Ikuti Try Out dan Try Out Online UI
Januari 31
15:14 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Kelompok Paguyuban Keluarga Mahasiswa (Kemas) Universitas Indonesia (UI) mengadakan Try Out (TO), Try Out Online, Sosisalisasi dan bedah kampus ujian masuk UI di hotel Horison Ultima, minggu, (31/1). Sebanyak 2.176 siswa Sekolah Menegah Atas turut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertajuk Toska 2016 ini.

Kepada vivasumsel.com, Ketua Kemas UI, M. Bayu Firliansyah mengatakan Toska 2016 ini merupakan agenda rutin program kerja dari Kemas UI. Selain di Palembang toska 2016 juga telah berlangsung di dua kabupaten/kota lainnya yakni Lahat dan Kayu Agung.

“Dalam kegiatan ini selain mengikuti try out, peserta juga akan mengikuti try out online sebanyak dua kali sebelum SIMAK SMBPTN,” Ujarnya.

Usai menjalankan try out kata Bayu menambahkan peserta juga diberikan materi bedah kampus untuk mengetahui semua fakultas yang ada di UI. Bedah kampus diberikan dalam bentuk seminar agar peserta mengetahui UI secara mendalam. Sementara mengenai sosialisasinya sendiri telah dilakukan pada awal januari lalu di 37 sekolah di palembang dan sejumlah sekolah yang berada di region Sumsel.

Ada point penting yang diharapkan dalam kegiatan ini, kata Bayu menjelaskan, berdasarkan roadshow dari sosialisasi yang telah dilakukan beberapa waktu terlalu ternyata minat siswa di Sumsel untuk melanjutkan studinya di UI cukup besar namun sayangnya sebagian besar dari mereka malah berfikir peluang masuknya cukup kecil mengingat tingkat persaingan yang cukup ketat.

“Nah disinilah peranan untuk menjelaskan bahwa jalur masuk di UI tidak hanya SMBPTN saja namun ada beberapa jalur lain yang bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo mengucapkan apresiasinya kepada kemas UI. Kemas UI melalui Toska ini telah mampu memfasilitasi siswa-siswa di Sumsel untuk berkompetisi masuk perguruan tinggi negeri seperti UI.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terorganisir dengan baik dan mampu memberikan persiapan-persiapan menjelang kepada anak didik kita menjelang ujian masuk perguruan tinggi yang sesungguhnya,” papar Widodo,

Namun Widodo berharap, try out ini jangan dilakukansatu kali saja melainkan beberapa kali sebab kecendrungan siswa didik biasanya mereka mengikuti try out tidak hanya sekali hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan diri mereka dan mengetahui di level mana kemampuan akademik mereka berada.

Bagi peserta, mantan Kepala Bidang (Kabid) Dikmenti Disdik Sumsel ini menyarankan agar betul-betul memilih fakultas atau jurusan sesuai dengan kemampuan mereka sebab tak jarang banyak calon mahasiswa yang tidak lolos ujian PTN diakibatkkan salah memilih fakultas.

“Jadi tidak cukup hanya pinter saja namun kejelian memilih jurusan justru membuka peluang besar untuk lolos di suatu PTN,” ungakpanya.

Widodo menambahkan melalui moment inilah baik peserta try out maupun kemas UI agar mampu bersenergi saling memberi dan menerima informasi yang dibutuhkan agar try out ini dapat bermanfaat di kedua belah pihak baik peserta maupun kemas UI (anz).



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget