Viva Sumsel

 Breaking News

3035 Peserta Bertarung Dalam Pospeda ke VI

3035 Peserta Bertarung Dalam Pospeda ke VI
September 02
19:22 2016

Viva Sumsel.com- Palembang, Sebanyak 3053 peserta dari 15 kabupaten dan kota se-Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) ke VI di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 3 Palembang.

Dari pantauan di lapangan, ke-3053 adalah gabungan dari peserta dan tim official dari tiap kabupaten/kota yang turut andil meramaikan event tersebut. Ada 21 cabang olahraga dan seni yang akan dipertandingkan dari tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan (MA), yang akan dilangsungkan selama 2 hari dari tanggal 3 – 4 September 2016.

Ketua panitia pelaksana Pospeda sekaligus Ketua coordinator Pondok pesantren (Ponpes) se-Sumsel, Susi Indrawanto mengatakan, pertandingan akan diterpusat di MAN 3 dan MTsN 2 Palembang, khusus cabang olahraga (cabor) atletik akan dilangsungkan di Jakabaring.

“Pelaksanaannya Insyallah rampung dalam 2 hari. Juara umum pada Pospeda sebelumnya adalah Palembang. Dari Pospeda ini kita akan saring dan persiapkan mereka untuk tingkat nasional,” kata Susi seusai pembukaan Pospeda ke VI di Aula MAN 3 Palembang, Sabtu (3/9).

Untuk nasional, lanjutnya, nantinya ada 150 orang yang akan dikirim. Ke 150 orang yang berangkat nantinya termasuk tim officialnya. Dan yang biasanya berpeluang untuk mendulang emas adalah silat, senam santri dan seni karya. Diakuinya, untuk Pospenas sebelumnya Sumsel meraih peringkat keempat.

“Pospenas lalu silat, seni karya dan senam santri yang berpotensi. Sayangnya dari 17 kabupaten/kota hanya ada 15 kabupaten/kota yang menguutus perwakilannya. 2 yang tidak ikut itu adalah kabupaten Pali dan Empat Lawang,” ulasnya.

Sementara itu, Plt kementerian agama (Kemenag) Sumsel, Ahmad Fauzie menargetkan, Sumsel dalam masuk 3 besar.

“Kita kejar prestasi sebaik-baiknya. Kita persiapkan atlet sebaik mungkin, melalui Pospeda ini akan kita saring dan akan kita berikan training center,” Kata Fauzi.

Hal ini, ditegaskannya, untuk menyambut Pospenas pada akhir Oktober di Banten mendatang dengan 21 cabang dari olahraga dan seni.

“Cabang yang berpotensi meraih medali akan kita kuatkan, karena tidak semua cabang yang kita bisa ikuti,” tegasnya.

Kita sedikit mengencangkan ikat pinggang untuk bersaing dengan provinsi lainnya dengan jiwa yang sportif. “Yang kita unggulkan silat dan senam santri termasuk seni karya,” tutupnya.

Selain itu, salah satu peserta kontingen senam santri dari Palembang yang juga murid kelas sepuluh MA Arrahman Palembang, Halimah mengatakan, jika timnya optimis dapat mempertahankan gelar juara umum pada event sebelumnya.

“Senam santri itu sedikit berbeda dari senam pada umumnya, banyak mengandung unsur religiusnya. Makanya saya tertarik. Saya yakin, karena kami sudah berlatih keras untuk mempertahankan gelar juara umum,” ujar siswi berkulit sawo mateng ini. (vvs)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Loading

Kalender

Oktober 2021
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget