Viva Sumsel

 Breaking News

Ajak Hafal Lagu Indonesia Raya, Wawako Tanamkan Nasionalisme Usia Dini

Ajak Hafal Lagu Indonesia Raya, Wawako Tanamkan Nasionalisme Usia Dini
September 17
12:55 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Guna menanamkan rasa cinta tanah air dan cinta kebersihan, wakil walikota (wawako) Palembang mengajak siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebagai salah satu pembelajaran nasionalisme sejak usia dini. Dalam kegiatan ini, ia, Fitrianti Agustinda lakukan gerakan operasi semut dan kenalkan dirinya kepada pelajar di empat sekolah, yaitu SMPN 20, SMA Patra Mandiri 1 dan SDN 254 Palembang.

Dalam rangkaian kegiatan operasi semut di sekolah-sekolah di kota Palembang setiap sabtu pagi. Kali ini, Fitri, begitu sapaan akrab wawako Palembang sehari-hari. Sabtu (17/9) ini, Fitri memperkenalkan dirinya seusai memungut sampah dan membersihkan lingkungan sekolah bersama para siswa sekolah tersebut. Dimulai dari operasi semut dan senam pagi bersama siswa SMPN 20 Palembang, Fitri memulai debutnya untuk menanamkan sikap cinta lingkungan.

Dalam kesempatan ini pula Fitri mengajak para siswa untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan ia juga melemparkan beberapa pertanyaan mengenai visi dan misi Palembang, serta memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab dengar benar.

Wawako Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, siswa harus lebih dikenalkan terhadap nili-nilai kebangsaannya, mengingat makin mudahnya pengaruh budaya asing masuk dan diduplikasikan oleh mereka melalui akses informasi dan teknologi (IT).

“Jadi, saya ingin menanamkan kembali nilai nasionalisme kepada mereka sejak dini. Dimulai dari menghafal dan menyanyikan lagu kebangaan Indonesia Raya. Mungkin kedepannya, pada kunjungan berikutnya para siswa akan kami ajak untuk menghafal teks Pancasila dan Undang-undang dasar (UUD) 1945,” terang dia.

Lanjutnya, kita mengajak anak-anak untuk menjaga kebersihan di lingkungan terutama di tempat aliran air.

“Kami ingin menanamkan sikap cinta tanah air dan cinta terhadap lingkungan sejak dini. Dengan harapan kedepannya, akan muncul kesadaranmereka mengenai dampak membuang sampah sembarangan terutama di sungai,” kata Fitri seusai berfoto bareng para siswa di sekolah-sekolah yang ia kunjungi, Sabtu (17/9).

Fitri sangat bersyukur karena melihat siswa yang antusias mengikuti kegiatan operasi semut ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini jangan hanya dilakukanketika ada kunjungan dari pihak tertentu.

“Alhamdulillah respon anak-anak baik dan bersemangat. Alangkah baiknya jika kegiatan ini berlanjut sampai mereka lulus dan ditularkan kepada adik kelas mereka nanti,” jelasnya yang mengenakan pakaian berwarna merah ini.

Kita selalu melakukan tindakan untuk menanggulangi banjir seperti membersihkan drainase. Operasi semut ini bertujuan untuk memberikan keteladanan kepada anak, mengingat kita harus bekerja bersama-sama untuk membersihkan lingkungan, jadi semuanya harus bersinergi.

Senada, Kepala SMPN 20 Palembang, Endang Wahyuningsih mengatakan, alhamdulillah kami merasa terhormat dan tersanjung atas kunjungan ini. Diakuinya, ia sangat mendukung program ibu wawako untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada setiap pelajar yang ada di kota Palembang.

 “Kami sangat mengapresiasi program ibu Fitri ini. Banyak siswa yang bersemangat saat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kami juga berharap agar program dari ibu Fitri tersebut dapat berlanjut dan terus berkembang,” tutupnya ditempat dan waktu yang sama. (Ize)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget