Viva Sumsel

 Breaking News

Aktivis Palembang Peduli Kendeng Cor Kaki di Simpang Lima

Aktivis Palembang Peduli Kendeng Cor Kaki di Simpang Lima
Maret 25
23:12 2017

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Dukungan solidaritas atas aksi cor kaki oleh petani di kawasan pegunungan Kendeng, Kabupaten Rembang, jawa Tengah (Jateng) juga datang dari Palembang. Dukungan diberikan oleh Walhi Sumsel dengan menggelar aksi serupa di simpang lima DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu (25/3).

Sebanyak lima aktivis lingkungan hidup dari kelompok Walhi melakukan cor kaki  sebagai perwujudan dukungan atas penolakan pendirian pabrik semen di kabupaten Rembang yang memakan satu korban jiwa dari salah satu pesertan aksi cor kaki Padmi (48) saat menggelar aksi di depan istana negara.

Direktur Walhi Sumsel, Hadi Jatmiko mengatakan, aksi ini dilakukan sebagi upaya menggugah kesadaran pemerintah agar memperjuangkan hak-hak petani. Para petani disitu tak ingin ada pabrik semen berdiri di area sekitar wilayah mereka.

“Kami, dari Walhi ada lima orang yang lakukan akis cor kaki, selebihnya ada beberapa peserta lainnya dari mahasiswa dan organisasi sipil lainnya melakukan hal yang sama, peserta akan dicor kakinya selama tiga jam mulai pukul 14.30 – 17.30,” ucapnya

Dalam kesempatan itu Ia juga mengecam sikap yang ditujukan oleh PT. Semen Indonesia dan menyatkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya ibu Padmi seorang petani dan pejuang perempuan Kendeng.

Tak hanya di Palembang, aksi seperti ini juga terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), di daerah itu, pegiat-pegiat yang tergabung dalam Forum Satu Bumi melakukan hal yang sama sepeti di Rembang maupun di Palembang. (anz).

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Loading

Kalender

Oktober 2021
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget