Viva Sumsel

 Breaking News

Groundbreaking Tugu Iwak Belido

Groundbreaking Tugu Iwak Belido
November 28
18:18 2016

VIVA SUMSEL.COM – Palembang, Groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan tugu iwak belido di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) dimulai, Senin (28/11) Groundbreaking ditandai pengeboran posisi tiang pancang dengan disaksikan oleh Direktur SDM dan Umum PT. Bukit Asam, Suryo Eko Hadianto dan Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda.

Dengan demikian proses pembangunan icon baru kota Palembang ini resmi dimulai dan memakan waktu 240 hari masa pengerjaan. Patung ini nantinya berdiri menghadap sungai dengan tinggi 12 meter dan lebar 22 meter, patung ini juga akan mengeluarkan air mancur dari moncong ikan persis seperti patung Mer Lion yang ada di Singapura. Terbuat dari perunggu berlapiskan perak patung yang ditargetkan selesai pada bulan Juli tahun depan ini menelan dana sebesar Rp 4.3 Milyar yang berasal dari Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tambang asal Sumsel ini.

Usai melakukan pengeboran secara simbolis, Direktur SDM dan Umum PT.Bukit Asam, Eko Hadianto mengatakan PT. Bukit Asam sangat concer dengan lingkungan hidup. Dipilihnya pembangunan tugu iwak belido menjadi salah satu bukti mewujudkan komitmen itu. Selain itu pula lokasi pembangunan yang mengambil tempat wisata yakni pelataran BKB semakin menegaskan bahwa PT. Bukit Asam mendukung Development Program Musi River Side Tourism pemerintah kota Palembang.

“Sebagimana kita ketahui bersama, populasi ikan khas sungai musi ini makin lama makin langka, butuh kesadaran untuk melestarikannya agar tidak punah, kepunahannya merupakan kerugian bagi kita maka dari itulah dibutuhkan kepedulian bagi semua pihak untuk menjaga kelestariaanya sebagaimana kepedulian PT. Bukit Asam terhadap lingkungan,” kata Suryo Eko Hadianto.

Suryo Eko juga mengajak masyarakat Palembang termasuk media mengawasi proses pembangunannya, ia tidak ingin proses pembagunan berjalan asal-asalan dan terkesan asal jadi yang berakibat mutu pembangunan jadi rendah.

Selain tugu iwak belido, melalui CSR nya PT. Bukit Asam juga akan membangun beberapa fasilitas lainnya salah satunya adalah convention hall di Jakabaring. Pembangunan fasilitas dengan dana sekitar Rp 150 Milyar ini digunakan sebagai salah satu fasilitas menyambut Asian Games 2018.

“Di convention hall tersebut, nantinya dilengkapi lapangan tenis bertaraf internasional dengan atap bangunan yang bisa dibuka tutup secara otomatis,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda berharap tugu iwak belido ini nantinya dapat lebih banyak lagi menarik minat wisatawan berkunjung ke Palembang, penambahan icon baru kota Palembang berupa ikan khas sungai musi ini dapat dikatakan salah salah satu pengembangan wisata sungai karena mengambil lokasi pembangunan di BKB dan Palembang juga dikenal sebagai kota sungai karena terdapat puluhan sungai mengitari kota ini.

Finda berharap pembangunan tugu ini dapat selesai tepat waktu disamping itu pula meminta masyarakat agar menjaga asset ini agar tidak dirusak tangan-tanga jahil sehingga mengurangi keindahaannya.

“Pemkot berharap proses pembangunannya berjalan lancar dan bila perlu pemkot merencanakan peresmiannya nanti dilakukan oleh Menteri Pariwisata,” tutup Finda (muhardi).

 

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget