Viva Sumsel

 Breaking News

Optimalkan PAD, PT. Patralog Kembali “Dihidupkan”

Optimalkan PAD, PT. Patralog Kembali “Dihidupkan”
Desember 31
03:43 2015

Viva Sumsel.com – Palembang, Pemerintah kota (Pemkot) Palembang berencana akan mengatifkan kembali kegiatan operasional PT. Palembang Trading ang logistic. Seperti diketahui, sebelumnya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkot ini telah lama tak aktif alias mati suri.

Hal itu mengemuka dalam rapat koordinasi antara Pemkot dengan PT. Patralog di ruang rapat Setda Pemkot Palembang, Rabu, (30/12).

Menurut Staf ahli ekonomi pembangunan dan investasi Pemkot Palembang, Sudirman Tegoeh efetiktifitas operasional akan di mulai awal bulan januaru mendatang. Pengaktifan ini menyusul masih adanya dana penyertaan modal dari Pemkot.

“Nanti jika terdapat margin keuntungan maka 50 persen dari keuntungan itu dikembalikan kepada Pemkot dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Salah satu tujuannya adalah mengoptimalkan PAD dari sektor pengelolaan pelabuhan 32 ilir, sebab pelabuhan ini rekesan “tak terurus”. Mengingat masih adanya kapal tongkang yang melewati eks pelabuhan tersebut, maka diperlukan pengaturan tongkang batubara yang melintas agar tetap tertib.

“Pelabuhan itu kita fungsikan sebagai tempat sandar tongkang batubara dan setiap tongkang yang parkir akan dikenakan biaya sandar sekitar Rp 3 juta per tongkang dengan durasi sandar paling lama enam jam dan PT Patralog lah yang akan mengelolanya,” paparnya.

Jadi, kata Sudirman, setiap tongkang batubara yang melintas mesti parkir dan Pemkot dalam waktu dekat ini segera menerbitkan Perwali sebagai payung hukumnya.

“Setelah Perwali diterbitkan pemkot segera membentuk tim optimalisasi PAD, tim inilah yang nantinya bekerja mengelola sumber PAD khususnya dari angkutan sungai,” pungkasnya. (anz).



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget