Viva Sumsel

 Breaking News

Peresmian Masjid Raya Citra Grand City Palembang

Peresmian Masjid Raya Citra Grand City Palembang
Juni 03
14:42 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Setelah memakan waktu hampir dua tahun, akhirnya pembangunan Masjid Raya Citra Grand City telah rampung. Masjid yang terletak di jalan Boulevard utama kawasan Citra Grand City ini cukup unik karena mengadopsi konsep EcoCulture sehingga memiliki kekhasan bagunan yang hemat energy. Selain itu pula terdapat keunikan lainnya yakni sistem ventilasi udara alami melalui dinding dengan beton rooster yang berlubang sehingga ruangan masjid menjadi sejuk dan tidak diperlukan lagi penyejuk ruangan.

Masjid yang pembangunannya menelan biaya Rp 4 Milyar ini, Jumat (3/6) diresmikan langsung oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo, Seusai sholat Jumat bersama jemaah disekitar Masjid ini, Walikota Palembang langsung membubuhkan tandan tangan di atas prasasti Masjid Raya Citra Grand City didampingi Project Director Citra Grand City Gunadi Wirawan dan Ketua Masjid Raya Citra Grand City, Jafarudin beserta jemaah sholat jumat.

Project Director Citra Grand City Gunadi Wirawan mengatakan, kehadiran masjid ini sangat dinanti-nantikan oleh warga maupun masyarakat sekitar terlebih masjid ini juga siap digunakan oleh jemaah yang sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan.

“Ribuan umat baik itu dari warga maupun masyarakat sekitar Citra Grand City turut andil dalam kesuksesan peresmian Masjid raya ini, kami cukup gembiran dengan kehadiran rumah ibadah ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, Masjid yang berdiri diatas tanah seluas 3.400m2 dengan luas bangunan 800m2 mampu menampung hingga 1.000 orang. Masjid ini juga memiliki dua elavasi yakni yang pertama dibagian terendah dibagian muka kavling digunakan sebagai area parkir sedangkan elavasi kedua yakni elavasi tinggi digunakan sebagai bangunan utama yang digunakan sebagai ruangan sholat yang diapit dua banguna pendukung yaitu tempat wudhu pria dan wanita.

“Dan satu lagi yang mesti dikatahui adalah Masjid ini memiliki tinggi mencapai 10 meter, jika dilihat dari samping akan mengerucut dibagian mihrab ini artinya sebagai perwujudan dari posisi sujud orang sholat yang dapat diartikan sebagai reflesi ketaatan pada Allah SWT,” imbuh Gunadi.

Sementara, Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan cukup bangga dengan apa yang diwujudkan oleh pihak Citra Grand City terutama terkait pembangunan sarana ibadah di sebuah komplek perumahan.

Selain itu juga, Harnojoyo mengajak warga sekitar khususnya jemaah sholat jumat untuk memakmurkan Masjid ini karena percuma saja jika Masjid dibangun dengan megah namun jemaahnya sepi.

“Kalau membangun itu mudah, bila perlu membangun dengan megah dan sarana lengkap tapi memakmurkannya itu yang sulit,” Kata Harno.

Harnojoyo juga menyampaikan dirinya siap melakukan safari subuh di Masjid ini sebagaimana yang rutin ia lakukan di berbagai Masjid lainnya di kota Palembang. (anz)

 

 

 

 

 

 

 

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget