Viva Sumsel

 Breaking News

Serah Terima Mobil Compactor Persampahan

Serah Terima Mobil Compactor Persampahan
Januari 10
18:20 2017

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Sebanyak tiga unit mobil Compactor Persampahan bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (PR) RI diserahterimakan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Serah terima bantuan langsung dilakukan oleh Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Ditjen CK PUPR Dodi Kris Pratmadi dan Kepala satker pengembangan PLP Strategis Bustom kepada Gubernur Sumsel, Ir. Alex Noerdin dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sumsel, Basyaruddin Akhmad dihalaman Setda Pemprov Sumsel, Selasa, (10/1)

Gubernur Sumsel, Ir. Alex Noerdin mengatakan, bantuan tiga unit mobil Compactor sampah ini sangat membantu Pemprov dalam peningkatan sanitasi dan persampahan di kota Palembang, terlebih Sumsel tahun depan akan menggelar Asian Games 2018.

“Ini bantuan tahap pertama yang kita terima  tentu Pemprov berharap bantuan tahap berikutnya akan lebih banyak lagi karena kebutuhannya sebanyak 23 lagi,” ujar Alex.

Alex menambahkan, Ketersediaan sanitasi dan pengelolaan sampah terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sebagai upaya turut serta menyukseskan Asian Games 2018 mendatang di Kota Palembang.

Sementara, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Ditjen CK PUPR Dodi Kris Pratmadi mengatakan tiga unit mobil yang diserahkan ini ada yang bermuatan besar dan kecil, untuk muatan besar kapasitasnya hingga 15 ton dan yang kecil 5 ton dengan menggunakan system kerja hidrolik guna mengepres sampah menjadi lebih kecil.

Dodi meminta Pemprov dapat memaksimalkan tiga unit mobil ini jelang maupun pelaksanaan Asian Games mendatang meski dirasa jumlah unitnya masih kurang pihaknya akan berupa membantu ditahap berikutnya terutama yang berkaitan dengan sanitasi dan persampahan.

“Secara nasional pelayanan sanitasi baru mencapai sekitar 86,7 persen, dan pengelolaan limbah sekitar 62 persen. Perlu upaya keras guna menaikan angka persentase ini,” jelas Dodi

Ditempat yang sama, PLT Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumsel Basyaruddin Akhmad, mengatakan untuk mengoperasikan kendaraan tersebut, sudah disiapkan 6 personil dari Pemerintah Kota Palembang.

“6 Personil tersebut akan dilatih sebagai operator 2 mobil berukuran besar dan 1 berukuran kecil tersebut,” tandasnya. (anz)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Loading

Kalender

Oktober 2021
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget