Viva Sumsel

 Breaking News

Sumsel Baru Memenuhi Unsur Meeting

Sumsel Baru Memenuhi Unsur Meeting
Maret 31
16:40 2016

Viva Sumsel.com – Palembang, Dari empat unsur MICE yakni Meeting, Insentive, Convention dan Exhibition, Sumatera Selatan (Sumsel) baru mampu memenuhi kriteria Meeting. Sedangkan untuk unsur Insentive, Convention dan Exhibition Sumsel belum memenuhi kriteria sesuai yang ditetapkan Kementrian Pariwisata (kemenpar) RI. Hal inilah yang menyebabkan Sumsel belum masuk lima besar sebagai provinsi yang memiliki potensi destinasi MICE. Sumsel hanya berada di peringkat 11 dari 16 provinsi yang ditetapkan oleh Kemenpar RI.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Zainal Arifin mengatakan perlu dilakukan suatu terobosan jika ingin Sumsel masuk dalam jajaran 5 besar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membangun suatu convention hall yang minimal memiliki daya tampung 450 booth indoor. Fasilitas dengan daya tampung sebesar itu dapat digunakan untuk mengadakan exhibiton baik dalam skala nasional maupun internasional.

“Selama ini kita hanya mempunyai fasilitas convention hall dengan daya tampung tak lebih dari 86 booth indoor yakni di hotel aryaduta, jumlah itu jelas sangat tidak memadai,:” ujar Zainal Arifin ditemui usai membuka Asistensi Mice Pesona Indonesia, di Hotel Aston, Kamis (31/3).

Namun ia berharap dengan pembangunan infrastruktur yang sedemikian pesatnya di sumsel, temasuk akan bertambahnya 3 hotel baru kelas bintang 3 tahun ini juga dengan begitu perlahan-lahan 9 kriteria yang ditetapkan oleh Kemenpar tersebut dapat terpenuhi sehingga Sumsel mampu masuk jajaran 5 besar.

Selain pembangunan hall, faktor akses juga mempunyai peranan penting seperti diketahui akses yang mudah, cepat dan terintegrasi dapat menjadi daya tarik bagi para pelaku-pelaku MICE, sebagai contoh lokasi MICE tidak jauh dari bandara dan terintgrasi dengan hotel-hotel dimana pelaku  MICE menginap.

“Dengan demikian para pelaku MICE dapat efisien dan efektif ketika melakukan pertemuan atau exhibition di ditempat yang telah terintegrasi tadi,” paparnya.

Sementara itu, Kasubid Asosiasi dan Pemerintahan Kementerian Pariwisata, Eli Yuardi menjelaskan dari 9 kreteria yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjadi destinasi, Sumsel memenuhi syarat tersebut, seperti infrastuktur, perhotelan dan trasportasi.

“Karena syarat yang ditetapkan tidak lain dalam memudahkan wisatawan untuk berwisata ketempat pariwisata, baik itu alam, bagunan bersejarah, kuliner dan sebagainya, destinasi setiap tahun dilakukan,”tandasnya. (anz).



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget