Viva Sumsel

 Breaking News

Tahun 2016, 15 Anggota TNI Terlibat Narkoba Dipecat

Tahun 2016, 15 Anggota TNI Terlibat Narkoba Dipecat
Januari 26
17:00 2017

VIVA SUMSEL.COM, Palembang – Upacara Pembukaan Gelar Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) dan Yustisi Polisi Militer TNI 2017 di Wilayah Kodam II/Swj dibuka secara resmi oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, S.H., M.H., Kamis (26/01/2017) bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj Jln. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, S.H., M.H., membacakan amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Dalam amanatnya dijelaskan bahwa, upaya penegakan hukum dan disiplin prajurit menempati posisi yang sangat penting dan positif sebagai keteguhan sikap serta perilaku prajurit TNI, yang dilandasi dengan tekad untuk patuh kepada hukum dan disiplin prajurit, dan meniadakan segala bentuk pelanggaran prajurit.

Dikatakan juga, bahwa berdasarkan evaluasi hasil Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2016 secara umum terjadi penurunan pada perkara pidana, tetapi terjadi peningkatan pada pelanggaran disiplin. Adapun perkara yang menonjol meliputi tindak pidana desersi, penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran lalu lintas.

Meskipun secara detil tak menjelaskan terkait soal jumlah namun Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI  Marga Taufiq mengatakan terjadi penurunan sekitar 15 persen pelanggaran dari tahun 2015 yang lalu jika dibandingkan dengan tahun 2016.

“Untuk narkoba, pada tahun 2016 ada 48 anggota TNI yang terlibat penyalahgunaan narkoba, dan 15 diantaranya dipecat,” jelasnya.

Adapun sasaran penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Yustisi TA. 2017 adalah meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum Prajurit TNI maupun PNS TNI yang bebas dari penyakit masyarakat seperti judi, miras, narkoba dan penyalahgunaan barang-barang terlarang lainnya, peredaran uang palsu, pungutan liar (pungli), penyimpangan ideologi serta pelanggaran hukum lainnya, sehingga diharapkan akan terwujud prajurit TNI yang memiliki jiwa patriot sejati, profesional, dan dicintai rakyat guna mendukung pencapaian tugas pokok TNI.

Kegiatan Ops Gaktib di tahun ini mengusung tema,” “Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017, Polisi Militer TNI bertekad Meningkatkan Disiplin, Loyalitas, Moralitas dan Kepatuhan Hukum Guna Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat.”

Upacara pembukaan Opsgaktib ini melibatkan ratusan personel Polisi Militer dari Pom TNI AD, AL, AU, Polri, Pol PP dan ASN TNI. Turut hadir, Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, Para Asisten Kodam II/Swj, Danlanal dan Danlanud Palembang dan para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj (anz)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget