Viva Sumsel

 Breaking News

Wawako Tebar 3.000 Bibit Ikan Patin Dan Gabus di Sungai Musi

Wawako Tebar 3.000 Bibit Ikan Patin Dan Gabus di Sungai Musi
November 01
23:47 2016

VIVA SUMSEL.COM – Palembang, Sebagai upaya menambah populasi ikan patin dan gabus yang kini semakin berkurang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan penyemaian bibit ikan di perairan sungai musi. Penyemaian 3.000 bibit ikan patin dan gabus dilakukan didekat kawasan pulau kemaro atau tepatnya di area keramba terapung binaan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K). Dengan menggunakan kapal Sigentar Alam 3, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustimda bersama Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K), Harrey Hadi dan perangkat SKPD turun langsung menebar bibit ikan tersebut.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan penyemaian ini sebagai upaya Pemkot menambah populasi ikan tawar jenis patin dan gabus bahkan rencananya upaya penyemain ini akan dibuat rutin satu bulan satu kali dengan menambah jenis ikan lainnya seperti Belido dan Mujair.

“Perlu ada pengembangan spesies kedua jenis ikan ini sebagaimana kita ketahui, jumlahnya semakin berkurang dan kita tak ingin anak cucu kita nanti tidak lagi menjumpai ikan ini karena mengalami kepunahan,” tutur Finda, Selasa, (1/11).

Finda menambahkan, selain itu pula, Pemkot terus mendorong masyarakat yang hidup di bantaran sungai musi melakukan budidaya ikan air tawar dengan metode keramba terapung, dimana dengan menggunakan metode ini masyarakat dapat meraup keuntungan dari pengembangbiakan ikan yang pada akhirnya menambah pendapatan keluarga.

“Saya perhatikan masyarakat pinggiran sungai musi masih sedit sekali memanfaatkan sungai ini sebagai sumber penghasilannya, untuk kedepanya Pemkot melalui DP2K akan mendorong masyarakat agar lebih tertarik mengembangkan budidaya keramba ikan sekaligus memberikan masukan-masukan yang bermanfaat bagi mereka,” terangnya.

Senada apa yang disampaikan Wawako, Kepala DP2K, Harey Hadi mengatakan pihaknya berkomitmen menjadikan penyemaian ini sebagai agenda bulanan termasuk juga menambah jenis ikannya.

“Kita berharap upaya ini dapat menghindarkan jenis ikan khas Palembang ini dari kepunahan, sebab dari tahun ketahun jumlah ini semakin berkurang akibat ditangkap,” tandasnya. (anz).

Bibit ikan yang akan disemai

Bibit ikan yang akan disemai

Naik perahu menuju titik pesemaian bibit ikan

Naik perahu menuju titik pesemaian bibit ikan



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Email Subcribers

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner Pemprov sumsel

Karir Pad Widget