Viva Sumsel

 Breaking News

Survei LRP: Herman Deru Teratas, Sarjan Tahir Ungguli Ishak Mekki

Survei LRP: Herman Deru Teratas, Sarjan Tahir Ungguli Ishak Mekki
September 29
23:43 2017

VIVA SUMSEL.COM, Palembang,— Peta dukungan masyarakat terhadap bakal calon gubernur Sumatera Selatan untuk Pilkada 2018 terus mengalami perkembangan dinamis. Meski belum ada perubahan signifikan di posisi teratas, pergeseran dukungan justru terjadi pada arus bawah.

Hal itu terungkap dari hasil survei Lembaga Riset Publik (LRP) yang dilakukan pada tanggal 15 sampai 25 September 2017. Survei yang melibatkan 700 responden ini menempatkan Herman Deru pada posisi teratas dengan tingkat eletabilitas 20,7 persen.

“Posisi kedua Syahrial Oesman 12,9%, disusul Dodi Reza Alex Noerdin 11,3% dan Aswari Rivai 7,6%,” kata Direktur  LRP Muhamad Yunus dalam rilis yang diterima, Jum’at (29/9).

Yang mengejutkan dalam temuan survei ini, lanjut Yunus, menguatnya dukungan terhadap  politisi Demokrat Sarjan Tahir. Mantan anggota DPR RI ini mengantongi dukungan 7,0 persen mengungguli dukungan atas Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki 6,6 persen.

“Dukungan terhadap Ishak Mekki relatif rendah dan cenderung stagnan. Apalagi setelah Alex Noerdin tidak satu garis politik lagi karena lebih memilih memasang anaknya di Pilkada nanti,” ujarnya.

Ia menyatakan, sikap atau pilihan politik Alex Noerdin pada Pilkada Sumsel nanti sangat berpengaruh terhadap pilihan warga. Ini lantaran tingkat kepuasan masyarakat sangat tinggi atas kinerja dan kepemimpinannya.

“Sebaliknya, masyarakat menganggap Ishak Mekki bukan sosok kuat. Juga dinilai kurang berhasil menjalankan perannya sebagai wakil gubernur,” tegasnya.

Menurut Yunus, dukungan terhadap Sarjan terlihat terutama di beberapa daerah seperti di Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan Palembang. Meski tak sebesar dukungan terhadap Herman Deru, tingkat penerimaan masyarakat cukup besar.

“Dalam data pergerakan kampanye atau sosialisasi kandidat, terdeteksi bahwa di daerah itu kehadiran Sarjan ini cukup dirasakan masyarakat sekitar,”tandasnya.

Yang menjadi sampel dalam survei LRP ini adalah penduduk Sumsel berusia 17 tahun keatas atau yang sudah nikah yang dipilih berdasarkan metode multi stage random sampling. Survei ini menetapkan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin  of error ± 3,5%.(Des)

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

Idul fitri 1445 h

Kalender

September 2017
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget