Viva Sumsel

 Breaking News

Ada Mutiara Sejarah Di Kampung Tua Benteng

September 12
14:34 2017

Destinasi Wisata Baru

Sebagai kota Klasik dan memiliki daya tarik wisata, Kota Palembang menyimpan jutaan mutiara bersejarah yang berpotensi sebagai tempat hiburan baru bagi wisata domestik dan mancanegara. Salah satunya objek tersebut yang akan dilestarikan nilai sejarah yaitu, komplek Benteng dimana pemukiman tersebut adalah tempat tinggal (barak) tentara Belanda.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dalam kunjunganya mengatakan, pemukiman komplek benteng kuto besak  ini memiliki cerita tempo dulu. Saya menginginkan tempat ini menjadi kampung pariwisata.

“Ya, tentunya saya akan melibatkan masyarakat sekitar untuk mengelolahnya agar bisa memberikan informasi terkait kota

Palembang, tidak menutup kemungkinan perekonomian mereka akan meningkat dengan dihidupkannya kembali potensi kampung  tua ini.

Ada banyak hal yang bisa diisi oleh masyarakat sekitar dengan cara mengolah kerajinan seperti,  songket, makanan khas dan sovenir bercorak kota Palembang. Ini semua tidak menutup kemungkinan agar pertumbuhan ekonomi setempat meningkat,”jelasnya selasa (12/9/2017).

Ditempat yang sama, komandan komplek benteng Roby menambahkan berdasarkan sejarahnya barak ini setelah serah terima pasca zaman Belanda dulu tahun 1958 mulai dihuni oleh pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Memang secara sejarahnya pemukinan ini sangat banyak sekali nilai cerita terkandung didalamnya.

“Tentunya kami akan koordinasi kepada atasan kami untuk ditindak lanjuti, pada prinsipnya kami sangat setuju sekali dengan gagasan Pemkot Palembang untuk menjadikan tempat ini sebagai objek wisata baru dengan nilai sejarah,”katanya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pariwisata kota Palembang Isnaini Madani mengatakan jika Wakil Walikota kita menginginkan pemukiman ini dijadikan salah satu kampung tuo wisata. ini semua akan melibatkan semua unsur SKPD untuk campur tangaan untuk mensuport semua dan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) untuk kita undang.

“Kita ketahui selama ini pemukiman Benteng Kuto Besak (BKB) bisa kita lihat dari luar saja, perlu diketahui jika suasana di dalam memiliki banyak cerita dan peninggalan yang tidak diketehui oleh semua orang. Jika ditinjau bangunan lama yang masih kuat, dan bentuknya yang klasik serta peninggalan-peninggalan tempo dulu akan membuat nilai tersendiri,”tutupnya. (IzE)

 

 



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

BANNER PARTNERSHIP

Kalender

September 2017
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget