Viva Sumsel

 Breaking News

Kemenag Sumsel Gandeng MUI Gelar Peringatan Nuzulul Quran

Kemenag Sumsel Gandeng MUI Gelar Peringatan Nuzulul Quran
Mei 22
08:15 2019

VIVA SUMSEL.COM, Palembang
Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ormas Islam di Kota Palembang menggelar peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1440 H di Masjid Baitullah, Komplek MAN 3 Palembang, Selasa (21/5) malam.

Kegiatan ini dihadiri Keluarga Besar Kanwil Kemenag Sumsel, Kemenag Kota Palembang, madrasah dan KUA se-Kota Palembang, serta perwakilan Ormas Islam di Kota Palembang. Tampil sebagai penceramah Ketua MUI Kota Palembang, H. Saim Marhadan.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi dalam sambutannya menjelaskan, sesuai edaran Menteri Agama RI, pada malam ini Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia berkoordinasi dengan MUI menggelar peringatan Nuzulul Quran secara serentak. Fajri berharap, momentum peringatan Nuzulul Quran dengan tema Kebersamaan Dalam Keragaman (Perspektif al Quran) ini, semakin memantapkan pemahaman masyarakat akan pentingnya kerukunan dan persatuan dalam keberagaman.

“Hakekat daripada agama adalah memanusiakan manusia. Allah SWT telah menciptakan kita beragam, untuk saling mengenal dan saling menghormati. Sebagai umat beragama, kita dituntut untuk bisa memahami keberagaman tersebut, sehingga tercipta kehidupan yang damai, rukun, dan tenteram. Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan terselenggaranya kegiatan ini, baik dari MUI, Kemenag Kota Palembang, MAN 3 Palembang, Ormas Islam, maupun seluruh keluarga besar Kemenag,” jelas Fajri.

H. Saim Marhadan dalam ceramahnya mengajak umat Islam untuk terus belajar dan banyak membaca. Sebab dengan banyak membaca maka pengetahuan dan pemahaman agama seseorang akan semakin luas dan dalam.

“Semakin paham seseorang terhadap ajaran agamanya, maka akan semakin sedikit dia menyalahkan orang lain. Membaca adalah modal untuk menjadi orang cerdas, yakni orang berpikiran luwes dan tidak mudah memvonis bersalah orang lain. Inilah kunci untuk bisa menjaga kerukunan, baik intern umat beragama maupun antar umat beragama,” tutur Saim.

Dalam kesempatan itu, Saim juga menegaskan kembali akan pentingnya memperkuat Tri Kerukunan Umat Beragama yang dulu digelorakan Menteri Agama Alamsyah Ratu Prawiranegara, yakni Kerukunan Intern Umat Beragama, Kerukunan Antar Umat Beragama, dan Kerukunan Umat Beragama dengan Pemerintah. (anz)



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

Idul fitri 1445 h

Kalender

Mei 2019
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget