Viva Sumsel

 Breaking News
  • Wasit Badut Untungkan Timnas U-23 Qatar VIVA SUMSEL.COM, DOHA  – Kepemimpinan Wasit saat Timna Indonesia U 23 kalah dari Qatar membuka mata pecinta sepak bola. Apakah itu sebabnya Qatar hanya jadi badut saat lawan negara luar Asia?...
  • Siomay Jadi Pangsit Terbaik Dunia 2024 Versi Taste Atlas VIVA SUMSEL.COM – Siomay menduduki peringkat pertama dalam daftar “Top 100 Dumplings in The World” (Top 100 Pangsit di Dunia) versi platform katalog makanan dan minuman di dunia, Taste Atlas....
  • Asyik Berenang, Bocah 5 Tahun Hanyut di Sungai Kikim VIVA SUMSEL.COM, LAHAT– Afifah (5) bocah perempuan warga Desa sukarame Kecamatan Kikim barat Kabupaten Lahat, hanyut dan tenggelam terbawa derasnya arus sungai kikim pada Minggu (14/04/2024) Kepala Kantor Basarnas Palembang...
  • HIKKMA OI Dukung Penuh RD dan MY Maju Pilkada 2024 VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – Dalam sebuah acara Halal Bi Halal yang diadakan oleh Himpunan Keluarga Kecamatan Muara Kuang Ogan Ilir (HIKKMA OI) di Auditorium Balaputra Dewa, Palembang pada Minggu (14/4/2024),...
  • Lifter Putri Nurul Akmal Raih Tiket Olimpiade 2024 Paris VIVA SUMSEL.COM, JAKARTA – Lifter putri Indonesia Nurul Akmal lolos ke Olimpiade 2024 Paris melalui kuota realokasi. Kepastian Nurul Akmal lolos ke Olimpade Paris yang digelar pada 26 Juli hingga...

SMKN 2 Palembang Bawa Pulang Juara 1 Runner Up of Creative Robotic

SMKN 2 Palembang Bawa Pulang Juara 1 Runner Up of Creative Robotic
Februari 16
19:06 2024

VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – Nama Provinsi Sumatera Selatan semakin harum pada kancah internasional berkat prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi SMK Negeri 2 Palembang.

Mereka berhasil membawa kemenangan pada ajang Championship of World Robotic Center Competition 2024 di Multimedia University, Cyberjaya Malaysia, (18/1/2024).

Pada ajang tersebut siswa bernama Kemas Atin berhasil meraih posisi 1 Runner Up of Creative Robot.

Kemudian, melalui ajang Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-MK) Tahun 2023 siswa bernama Aanda Thareqh Maulana dan M Ihsan Junialdi mendapatkan Juara 2 Cabang Mobile Robotic yang digelar di Jawa Timur di Kota Surabaya pada tanggal 23 sampai 28 Oktober 2023.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Palembang Suparman mengaku sangat bangga atas prestasi anak didiknya yang berhasil membawa nama baik sekolah, khususnya Provinsi Sumatera Selatan hingga kancah internasional.

Dia mengatakan, untuk meraih prestasi tersebut bukanlah hal yang mudah dikarenakan dilakukan dengan teliti dan kerjasama antara peserta maupun pembimbing.

“Kita juga membuat program dan menguji strategi setelah kami mendapatkan kisi-kisi soal lomba, dimana ada perubahan arena lomba yang membuat kami harus modifikasi robot kami,” ucap Suparman.

Tak hanya itu, tim peserta merancang desain modifikasi robot agar lebih efisien saat bekerja dan dapat melalui abstacle di arena. Bahkan melakukan pengujian final sebelum berangkat ke Surabaya untuk berkompetisi.

“Kita juga mengesekusi rancangan modifikasi yang telah dibuat pada robot. Melakukan pengujian final sebelum berangkat Surabaya, meski sempat terdapat kerusakan di komponen robot namun kami bisa mengatasinya di penilaian selanjutnya,” ujarnya.

Selanjutnya, Suparman mengatakan saat penilaian hari pertama lomba melakukan perakitan dan uji coba gerakan dasar robot. Setelah itu, pada hari kedua mulai melakukan tugas yaitu meletakan kubus obat ke ruangan sesuai perintah.

Terakhir, pada hari ketiga mendapatkan tugas paling sulit dengan meletakan kubus keruangan dan mengembalikannya kembali ke tempat semula berdasarkan urutan.

“Tapi alhamdulilah kami sebagai perwakilan dari Sumatera Selatan di bidang lomba mobile robotics mendapatkan juara 2,” kata Suparman.

 

Editor : Nurmala Dewi



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

Idul fitri 1445 h

Kalender

Februari 2024
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget