Viva Sumsel

 Breaking News

355 JCH Kloter 1 Tiba di Asrama Haji Palembang

355 JCH Kloter 1 Tiba di Asrama Haji Palembang
Mei 26
14:19 2023

VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – 355 Jamaah Calon Haji Kloter 1 Asal OKU Timur tiba di Asrama Haji Palembang, Jumat (26/5). JCH kloter pertama ini tiba di Asrama Haji menggunakan 8 unit bus, di mana satu bus diisi oleh 44 jamaah bersama tim pendamping. Bus juga dikawal dua unit mobil voorijder milik Polres OKU Timur.

Kedatangan jemaah haji langsung disambut oleh panitia. Jamaah lansia diprioritaskan untuk menerima layanan. Panitia menyiapkan jalur khusus, tempat duduk dan layanan Fast Track bagi Jamaah Haji Lansia.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil saat menerima kedatangan jamaah haji mengatakan bahwa secara teknis Kemenag Sumsel melalui bidang haji telah mempersiapkan penyambutan jamaah haji.

Armet mengatakan bahwa ada perubahan konfigurasi pesawat yang selama ini berkapasitas 450 seat kali ini penerbangan menggunakan maskapai Saudi Airliness dengan kapasitas 360 seat. Dikatakannya, Kloter 1 berjumlah 360 orang dengan 352 JCH dan 3 TPHD, serta 5 orang petugas.

“Nantinya, bersama para jamaah, ada lima petugas haji, tiga di antaranya seorang dokter dan dua perawat. Jamaah haji lansia mendapatkan prioritas apalagi 60 persen jamaah haji Sumsel masuk kategori lansia,” ujar Armet

Jamaah haji lansia juga sudah diberikan pemahaman untuk mengurangi mobilitas. Dengan kondisi cuaca dan resiko tinggi, jamaah juga diminta minimal mengkonsumsi air putih satu jam satu cangkir.

“Himbauan kita ya karena kondisi di Arab Saudi panas, mereka harus menjaga kesehatan, bagaimana menjaga kondisi pada suhu tinggi sudah kita sampaikan,” tutur Armet

Dia juga menyampaikan bahwa di Kloter 1 terdapat jamaah tertua yakni Kartoyitno bin Ahmad Sadiyo berasal dari Desa Berasan Mulya Kecamatan Buay Madang Timur dengan usia 105 tahun sedangkan untuk jamaah haji termuda yakni Puja Shita Nuriyah dari Kecamatan Buay Madang.

Direktur Swarna Dwipa selaku pengelola Asrama Haji H Rebo Iskandar menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan segala fasilitas pemondokan di Asrama Haji Palembang. Termasuk 278 kamar dengan satu kamar dapat diisi maksimal empat orang.

“Untuk fasilitas manasik haji juga sudah disiapkan, dan bagi jamaah haji lansia kita siapkan penginapan yang berada di lantai dasar, kemudian kamar mandi, dan lainnya,“ ujar Rebo.

Jamaah haji ketika masuk asrama akan melalui pemeriksaan dan pengecekan kesehatan, pembagian living cost, gelang jemaah, dan lainnya. JCH di jadwalkan akan take off menuju Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada hari Sabtu sekitar pukul 10.00 WIB.

 

Editor : Muhardi Aanz



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

Banner Partnership

BANNER PARTNERSHIP

Idul fitri 1445 h

Kalender

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget