Viva Sumsel

 Breaking News

90 Pekebun Sawit di Kabupaten OKI Ambil Bagian dalam Pelatihan Pengembangan SDM oleh LPP Agro Nusantara

90 Pekebun Sawit di Kabupaten OKI Ambil Bagian dalam Pelatihan Pengembangan SDM oleh LPP Agro Nusantara
Juli 04
21:04 2023

VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – Sebanyak 90 pesserta yang merupakan pekebun sawit dari dari Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan mengikuti program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pengembangan kelapa sawit di Hotel Emilia Jalan Letkol Iskandar Palembang, Selasa (04/07/2023).

Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Ir Agus Darwa, M.Si didampingi perwakilan manajemen LPP Agro Nusantara, Pujangga Tigana dan pimpinan pelatihan, Rizki Angga yang berlangsung hingga tanggal 7 Juli 2023.

“Pada pelatihan ini peserta tidak hanya mendapatkan materi berupa teori yang disampaikan dikelas namun juga berkesempatan mendapatkan pengalaman studi praktik langsung mengenai teknis budidaya kelapa sawit di kebun yang diagendakan di kebun PT. Sampoerna,”ujar Rizki Angga.

Peserta pelatihan berfoto bersama sebelum melaksanakan agenda pelatihan di hotel Emilia Palembang

Adapun tujuan akhir dari program pelatihan teknis nudidaya kelapa sawit bagi pekebun ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi para pekebun kelapa sawit tentang regulasi dan kebijakan kelapa sawit, menyiapkan pekebun kelapa sawit rakyat untuk memiliki kemampuan dalam teknis penyiapan lahan kelapa sawit, penyiapan bibit sawit, persiapan tanam dan penanaman, pemeliharaan tanaman, dan pengendalian organisme pangganggu tanaman.

Menurutnya, sejak tahun 1990 perkebunan kelapa sawit di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama luar arealnya.

Luas areal perkebunan kelapa sawit rakyat pada tahun 1990 seluas 291 ribu ha, sedangkan pada saat ini telah mencapai lebih dari 6 juta ha atau sekitar 40% dari luas areal perkebunan kelapa sawit di Indonesia yang mencapai lebih dari 16 juta ha.

Dan sebagian besar (lebih dari 75%) merupakan petani kelapa sawit swadaya (mandiri).

Lenih jauh ia mengatakan, perkebunan rakyat sebagai salah satu penopang Industri sawit negara, haruslah juga dikelola secara baik, terarah, profesional, dan yang terpenting adalah mampu berperan aktif dalam menciptakan suatu system industry kelapa sawit yang berkesinambungan / sustainable. Perkebunan kelapa sawit rakyat menjadi salah satu kekuatan ekonomi di wilayah pedesaan dan akan sangat berperan dalam pengembangan wilayah pedesaan.

“Saat ini fakta menunjukkan bahwa kondisi perkebunan kelapa sawit rakyat masih belum menggembirakan apabila dibandingkan dengan perkebunan besar, terutam aspek produksi dan pengelolaan budidaya tanaman,”imbuhnya.

Oleh karena itu kata Rizki Angga, dalam rangka peningkatan produktivitas dan perbaikan pengelolaan kebun petani, diperlukan program yang terpadu untuk meningkatkan pemahaman petani terhadap aspek teknologi kebun sawit.

Pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit ini dilakukan secara terintegrasi baik melalui penyuluhan, pendidikan, pelatihan maupun pemberian fasilitas pendampingan bagi pekebun oleh Tenaga Ahli sawit.

Pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemaham, keterampilan, profesionalisme, kemandirian dan dedikasi dari para pekebun, tenaga pendamping dan masyarakat perkebunan kelapa sawit lainnya.

Para peserta pelatihan menghadiri sesi pembukaan acara diikuti pengalungan id card secara simbolis evagai tanda dimulainya pelatihan SDM

Hal tersebut selaras dengan visi, misi, strategi serta tujuan bisnis PT LPP Agro Nusantara (d/h College Gula Negara) lembaga pendidikan dan pelatihan yang berfokus pada peningkatan SDM perkebunan sejak tahun 1950. Untuk itu PT LPP Agro Nusantara berinisiatif untuk menyelenggarakan Program Pengembangan SDM Kelapa Sawit yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Dalam rangka menyiapkan SDM perkebunan sawit rakyat yang kompeten dan terintegrasi tersebut, Pemerintah melalui BPDP – KS yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian serta PT LPP Agro Nusantara yang berkantor pusat di Yogyakarta menyelenggarakan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia yang ditujukan bagi pekebun kelapa sawit, sebagai salah satu upaya BPDP-KS dalam membangun dan mempersiapkan SDM industri kelapa sawit, baik di sektor hulu dan maupun hilir di Pabrik Kelapa Sawit.

Program pengembangan SDM sawit yang dilaksanakan di Palembang adalah Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Angkatan 1.

Sebelumnya, BPDP-KS bersama dengan PT. LPP Agro Nusantara telah sukses melaksanakan program pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit yang telah selesai dilaksanakan secara kontinu mulai dari bulan juni lalu yang melibatkan peserta yang merupakan pekebun kelapa sawit dan pengurus koperasi atau KUD dari berbagai wilayah di Sumatera Selatan

 

Editor : Muhardi Aanz



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

BANNER PARTNERSHIP

Kalender

Juli 2023
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget