Viva Sumsel

 Breaking News

Kali Pertama, AIESEC Unsri Gelar Lomba dan Talkshow Internasional

Kali Pertama, AIESEC Unsri Gelar Lomba dan Talkshow Internasional
November 10
11:11 2023

VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – Pertumbuhan ekonomi saat ini menjadi masalah penting untuk diangkat oleh para pemuda. Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi Negara-Negara Maju (OECD), memperkirakan bahwa pada tahun 2045 ekonomi Indonesia akan mencapai U$Rp8,89 triliun dan menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia.  Perkiraan tersebut hanya bisa dicapai apabila terjadi pertumbuhan ekonomi yang baik serta pemanfaatan potensi ekonomi yang benar dari negara Indonesia.

Data terkini BPS (Badan Pusat Statistik) menunjukkan pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I adalah sebesar 5,03%, hal ini tentunya perlu dijaga bahkan ditingkatkan, sehingga berdasarkan data ini, pada tanggal Rabu (5/7), AIESEC in Unsri berinisiatif mengadakan Kegiatan Youthnificant 6.0 x DIVEFAIR yaitu lomba esai dan webinar internasional yang mengacu pada “Sustainable Development Goals” SDG Nomor 8 yaitu  “Decent Work and Economic Growth”.

Youthnificant 6.0 x DIVEFAIR dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dari pemuda terhadap masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Palembang tentang pentingnya peningkatan keterampilan dan pemahaman terhadap pertumbuhan ekonomi bersama narasumber yang ahli di bidangnya.

Youthnificant 6.0 adalah lomba esai yang diadakan oleh AIESEC in Unsri dan mengangkat tema “Peran Pemuda sebagai Agen Perubahan dalam Menggerakkan SDGs 8 untuk Membuka Masa Depan Karir Gemilang dan Indonesia Maju”.

Harapannya, melalui perlombaan ini, pemuda mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan gagasannya mengenai peran pemuda dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor  8 di Indonesia. Selain itu, lomba ini mendorong motivasi para pesertanya untuk lebih peka dan sadar terhadap masalah-masalah pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sedangkan DIVERSITY FAIR atau disingkat sebagai DIVEFAIR merupakan webinar internasional yang diadakan Unsri guna meningkatkan kesadaran pemuda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan SDGs 8 sekaligus memberi kesempatan pemuda untuk berbincang serta melakukan pertukaran budaya dengan peserta-peserta lain yang berasal dari luar negeri.

I like all of the speakers’ sessions, especially Prince’s session because I wanna know about personal branding.” Demikian ucap dari salah satu peserta asal Jepang Naoki Maruyama.

Product Marketing of Brand and Marketing  AIESEC in Unsri, Dhea Nur Annisah, mengatakan, Webinar Internasional di hari pertama, Sabtu (30/9) diisi oleh 3 pembicara yang berasal dari berbagai negara luar yaitu Stephanie Lieu dari Macquarie Australia, Ashley Thong dari Malaysia dan Prince Cetron dari DLSU-M Philippines yang membahas topik dari SDG ke-8, “Preparing themselves for a career world and achieving future goals in the digital era” dan “Personal Branding”.

 Pada Webinar hari kedua, Minggu (1/10) diisi oleh 4 pembicara yaitu Iris Thai Nghi dari Vietnam, Janet Khamhaeng Kanchanaphon dari Thailand, Kotaro Kanaya dari Jepang, dan Vanysha Fitri Chairunnisa dari Indonesia.

Para pembicara memaparkan keberagaman budaya negara asal masing-masing kemudian, peserta juga diarahkan ke breakout rooms agar komunikasi dapat berjalan secara lebih interaktif antara peserta dan pembicara.

“Dengan diadakannya program Youthnificant 6.0 x DIVEFAIR ini diharapkan para pemuda memiliki kesadaran akan pentingnya pertumbuhan ekonomi,”pungkasnya.

 

Editor : Muhardi Aanz

About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

BANNER PARTNERSHIP

Kalender

November 2023
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget