Viva Sumsel

 Breaking News

Pengendara Motor Wajib Tahu, ini 5 Tips #Cari_Aman Lewati Jalan Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matic

Pengendara Motor Wajib Tahu, ini 5 Tips #Cari_Aman Lewati Jalan Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matic
Juli 25
07:31 2024

VIVA SUMSEL.COM, PALEMBANG – Sepeda motor matic menawarkan pengalaman berkendara yang mudah dan nyaman.

Berbeda dengan sepeda motor tipe sport atau bebek yang menggunakan kopling (clutch), motor matic dilengkapi transimisi otomatis sehingga memudahkan untuk mengendalikan motor tanpa memikirkan perpindahan gigi.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melewati jalan turunan dan tanjakan menggunakan sepeda motor matic.

Astra Motor Sumsel membagikan tips kepada pengguna sepeda motor matic untuk tetap #Cari_Aman saat melewati turunan dan tanjakan:

1. Lakukan Pengecekan/Pemeriksaan pada Kendaraan yang Digunakan

Untuk menjaga performa kendaraan dan meminimalisir potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan, lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan yang kita gunakan mulai dari bensin, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya.

2. Ketahuilah Kondisi Rute yang Akan Dilewati

Pastikan kita mengetahui rute atau kondisi jalan agar kita dapat mengenali terlebih dahulu berbagai macam medan yang akan dilewati.

3. Sebelum Memasuki Jalan yang Menanjak/Menurun

• Menanjak: ambil ancang-ancang dengan jarak yang cukup agar sepeda motor mendapatkan tenaga saat melewati tanjakan.

• Menurun: kurangi kecepatan agar dapat melakukan proses pengereman secara maksimal kemudian buka sedikit gas saat melewati jalan menurun untuk mendapatkan sedikit efek engine brake.

4. Postur Berkendara yang Tepat

• Menanjak: posisikan badan condong ke depan agar roda depan mendapatkan cengkraman yang kuat terhadap permukaan jalan dan mengurangi potensi terangkatnya roda depan.

• Menurun: Posisikan badan condong ke belakang agar roda depan mendapatkan cengkraman yang kuat terhadap permukaan jalan dan mengurangi potensi sepeda motor terjungkal ke depan.

5. Teknik Pengereman yang Tepat

• Menanjak: komposisi rem belakang sebaiknya lebih besar untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang.

• Menurun: Gunakan rem depan dan rem belakang secara bergantian. Ketika menggunakan rem belakang, akan tersedia waktu untuk rem depan cooling down (pendinginan) agar meminimalisir terjadinya brake fading.

Kemudian, menepilah sejenak jika rute jalan turunan yang dilewati panjang, sehingga dapat mendinginkan rem depan maupun rem belakang.

Tomy Haryanto selaku Commuity & Safety Riding Advisor Astra Motor Sumsel menyatakan bahwa walaupun tipe sepeda motor matic menghadirkan kemudahan dan kenyamanan, para pengendara tetap harus mengetahui cara mengendarainya yang baik dan benar.

“Kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan tipe sepeda motor matic tentu menjadikannya sepeda motor pilihan masyarakat. Tapi, tetaplah memperhatikan cara mengendarainya untuk menjaga motor tetap prima dan tentunya demi keselematan kita semua,” ujar Haryanto.

 

Editor : Muhardi Aanz



About Author

redaksi Viva Sumsel

redaksi Viva Sumsel

Related Articles

Email Subcribers

Loading

MEDIA PATHNER

BANNER PARTNERSHIP

Kalender

Juli 2024
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Banner PARTNERSHIP

Karir Pad Widget